Senin, 02 November 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke : 1


Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi dasar:
1. Mengidentifikasi kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat
2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang perkenalan secara tepat
Indikator:
 Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
 Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
• Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
• Menentukan tema dari wacana lisan
• Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
• Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
• Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit

I. Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana lisan secara rinci

II. Materi Pembelajaran:
• Perkenalan (التعارف)
(أ)
+: اسمي خالد، ما سمك؟
- : اسمي خليل
+: كيف حالك؟
+: بخير، والحمد لله
- : من أين أنت؟
+: أنا من باكستان
- : هل أنت باكستاني؟
+: نعم أنا باكستاني، وما جنسيتك؟
- : أنا تركيا، أنا من تركي
+: ما عمرك؟
- : عمري خمس عشرة سنة، وأنت كم سنة عمرك؟
+: عمري خمس عشرة سنة أيضا
- : مع السلامة
+: مع السلامة

(ب)
حازم طالب كويتي يتعلم في المدرسة الثانوية ببلاده، وفي الإجازة الماضية زار حازم إندونيسيا.
وفي خلال زيارته لإندونيسيا قام بزيارة بعض مدارسها الإسلامية بالإضافة إلى معالمها السياحية.
قال حازم لطالب يرافقه اسمه مراد: إن إندونيسيا بلاد جميلة، أعجبتني مناظرها الجميلة، وأعجبتني غاباتها الكثيفة، وأعجبتنى مزارعها الواسعة.
زار حازم احدى المدارس الثانوية الإسلامية بجاكرتا وتحدث مع بعض طلابها وعبر عن سروره البالغ بزيارة بلاد إندونيسيا.

III. Metode:
• Inkuiri
• Diskusi
IV. Langkah Pembelajaran:
NO LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN MEDIA/SUMBER WAKTU
1 Pendahuluan 15 menit
a. Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
d. Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
e. Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
f. Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan




Pengalaman pribadi
2 Kegiatan Inti 60 menit
a. Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
b. Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
c. Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
d. Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
e. Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
f. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
g. Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
h. Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru yang meliputi menentukan tema, ide pokok, dst).
i. Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
j. Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa. Guru/Buku Paket

Kartu kata
3 Penutup 15 menit
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b. Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
Instrumen latihan


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
• Guru
• Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Program Bahasa Asing M.A (DEPAG, 1998/1999)
• Laboratorium Bahasa
VI. Penilaian:
 Penyelenggaraan tes: individu dan kelompok
 Proses pembelajaran
- Afektif meliputi komponen

No Komponen Skor Keterangan/skor riil
1 Konsentrasi dalam kegiatan menyimak 20
2 Tingkat responsif di kelas 40
3 Ketepatan waktu hadir 10
4 Kerjasama dalam kelompok 20
5 Ketepatan mengumpulkan tugas 10
Jumlah 100

- Keterampilan menyimak/Performansi

No Bobo skor Komponen Contoh soal
Menulis ulang beberapa kosa kata yang didengar Tulislah kata-kata berikut ini (guru memperdengarkan)
Mencocokkan tulisan dengan kata... yang didengar Beri tanda V pada gambar sesuai dengan kata yang anda dengar
Penggunaan kosa kata Lengkapilah kalimat berikut ini dengan kata yang sesuai




 Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
Menulis ulang kata yang didengar melalui gambar
Menemukan makna kosa kata yang didengar
Penggunaan kosa kata sesuai dengan konteks wacana lisan yang didengar

• Menentukan benar/salah informasi yang didengar (menemukan informasi secara tersurat)
• Menentukan tema dari wacana lisan
• Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
• Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.

Formatif (tes Blok)
Contoh soal
Simaklah dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
1. Apa tema dialog tersebut
2. Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi

• Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis : Individu dan Kelompok
b. Bentuk : Tulis
c. Contoh :
Simaklah dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
3. Apa tema dialog tersebut
4. Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi
• Hasil (tes tulis)

Mengetahui ............., ...... ................ ...........
Kepala MA... Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab


NIP ...................... NIP .....................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke : 2


Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi dasar:
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan tentang perkenalan dengan lafal yang tepat
Melakukan dialog sederhana dengan lancar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat
Indikator:
• Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
• Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
• Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
• Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
• Menjawab pertanyaan sesuai konteks
• Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
• Melakukan percakapan sesuai konteks

I. Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Melakukan perkenalan dengan tepat
II. Materi Pembelajaran:
• Perkenalan (التعارف)
(أ)
مصطفى : السلام عليكم
الطلاب:وعليكم السلام ورحمة الله، أهلا وسهلا
مصطفى: أهلا بكم، يا أصدقائي، هذه أخونا حازم من كويت
الطالب: تشرفنا
حازم: شرف الله مقدارك، ماسمك؟
الطالب: اسمي محمود، وهذا أختي منى
محمود: ما رأيك في بلادنا إندونيسيا؟
حازم: إنها بلاد جميلة، هي جنة الله في أرضه
منى: شكرا، والكويت أيضا جميلة
محمود: صحيح، بل هي دولة غنية، دولة البترول
حازم: ذلك فضل من الله

(ب)
أحمد: أين تسكن؟
حسان: أسكن في حي المطار، وأين تسكن أنت؟
أحمد: أسكن في حي الجامعة
حسان: هل تسكن في بيت؟
أحمد: نعم أسكن في بيت
حسان: هل تسكن في بيت؟
أحمد: لا، أسكن في شقة
حسان: ما رقم شقتك؟
أحمد: 5
وما رقم بيتك؟
حسان: 9
(ج)
المستأجر: أريد شقة من فضلك
المؤجر : لدينا شقة جميلة
المستأجر: كم غرفة في الشقة؟
المؤجر : في الشقة خمس غرف
المستأجر: في أي دور الشقة؟
المؤجر : الشقة في الدور الخامس
المستأجر: أريد مشاهدة الشقة
المؤجر : تفضل.
المؤجر : هذه هي الشقة.
المستأجر: هذه شقة جميل.

III. Metode:
• Modeling
• Inpairing

IV. Langkah Pembelajaran:
NO LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN MEDIA/SUMBER WAKTU
1 Pendahuluan 15 menit
a. Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d. Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e. Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
f. Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan
2 Kegiatan Inti 60 menit
a. Seluruh siswa mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b. Seluruh siswa menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c. Seluruh siswa secara bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d. 5 orang siswa maju ke depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
e. Setiap siswa mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
f. Setiap siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g. Setiap siswa melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya
3 Penutup 15 menit
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b. Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
• Guru
• VCD
• Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
• Ruang multimedia
VI. Penilaian:
• Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis: kelompok
b. Bentuk: Bermain peran
c. Contoh:
• Mainkan sebuah drama dengan tema perkenalan di sekolah
Kriteria Penilaian meliputi:
• Kesesuaian tema
• Ketepatan intonasi dan makhroj
• Kekompakan
• kelancaran
• Hasil (ujian praktek lisan)

Mengetahui ............., ...... ................ ...........
Kepala MA... Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab



.............................. ............................
NIP ...................... NIP......................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke : 3


Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi dasar:
• Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis dengan tepat
• Mengidentifikasi tema wacana secara tepat
• Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis
Indikator:
• Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
• Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
• Menentukan tema wacana tulis
• Menentukan ide pokok dari wacana tulis
• Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
• Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
• Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
• Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis

I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu:
Membaca wacana tulis dengan tepat dan menyimpulkan wacana tulis dengan benar
II. Materi Pembelajaran :
• Kehidupan Keluarga
ألسكن
(أ)
محمد طالب في المدرسة الثانوية، عمره تسع عشرة سنة وهو يسكن في بيت جميل في حي المطار، في شارع القدس. قال محمد: يا والدي لا أستطيع النوم ولا أستطيع القراءة. صوت الطائرات مزعج. ولماذا لا ننتقل إلى بيت جديد؟
قال والده: اصبر يا ولدي، هذه آخر سنة للمطار القديم. قال محمد: وهل المطار الجديد داخل المدينة أيضا؟
قال والده: لا، المطار الجديد خارج المدينة. ابتسم محمد ثم تناول كتابه.

(ب)
في بيت عمر حديقة واسعة. في الحديقة أشجار كثيرة وزهور جميلة. هذه أشجار البرتقال وتلك أشجار التفاح، وهنا مسبح صغير وهناك ملعب كبير.
تجلس العائلة في في الحديقة، الأب يسبح في المسبح والأم تقرأ بعض الصحف والمجلات، وعمر يراجع دروسه وفاطمة تكتب الواجب المنزلي.
في المساء تجلس العائلة في غرفة الجلوس، تشاهد التلفزيون ثم تذهب إلى غرفة الطعام وتتناول العشاء
III. Metode :
• Modelling
• Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN MEDIA/SUMBER WAKTU
1 Pendahuluan 15 menit
a. Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d. Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan alamat rumahnya
e. Guru meminta salah seorang siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan dengan tempat tinggal
f. Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal





Pengalaman pribadi
Guru
2 Kegiatan Inti 60 menit
a. Seluruh siswa mendengarkan lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
b. Seluruh siswa menirukan lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
c. Seluruh siswa mendengarkan lafal guru dalam membaca wacana
d. Seluruh siswa menirukan lafal guru dalam membaca wacana
e. 1 orang siswa memimpin teman-temannya membaca nyaring wacana tulis.
f. Siswa dibagi dalam kelompok kecil.
g. Setiap kelompok terdiri dari 2-3 orang.
h. Setiap kelompok mengidentifikasi kata-kata atau istilah-istilah yang sulit.
i. Setiap kelompok mengutus perwakilannya untuk menulis kata-kata atau istilah-istilah yang sulit tersebut di papan tulis.
j. Setiap kelompok berdiskusi untuk menentukan tema dan ide pokok dari setiap paragraf.
k. Setiap kelompok membuat rangkuman dari isi wacana tulis tersebut.
l. Setiap kelompok membacakan hasil rangkumannya di depan kelas.
m. Guru membuat klasifikasi kata-kata yang ada di dalam wacana tulis ke dalam isim dan fi’il.
n. Guru mengklasifikasi isim menjadi dua, yaitu النكرة والمعرفة.
o. Siswa membuat kesimpulan tentang اسم النكرة والمعرفة Kitab Al Arabiah lin Nasyiin

Kitab Al Arabiah lin Nasyiin












Buku Nahwu
3 Penutup 15 menit
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b. Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa Instrumen soal latihan

V. Sumber/Bahan/Alat Belajar :
• Buku العربية للناشئين Jilid 3 halaman: 33 dan 42
• Ruang multimedia
• LCD
VI. Penilaian:
• Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis: Individu dan kelompok
b. Bentuk: Performa dan unjuk kerja
c. Contoh:
1. Bacalah dengan benar teks berikut!
2. Temukan ide pokok dari setiap paragraf!
3. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
• Hasil (tes tulis, ulangan harian)

Mengetahui ............., ...... ................ ...........
Kepala MA... Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab



.............................. ............................
NIP ...................... NIP .....................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke : 4


Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi:
• Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi dasar:
• Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
• Mengungkapkan informasi secara tertulis sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat
Indikator:
• Menulis kalimat dengan khat riq’ah
• Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
• Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
• Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
• Membuat wacana/cerita sesuai tema

I. Tujuan Pembelajaran:
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan mampu menulis kata, frasa dan kalimat dengan menggunakan khat riq’ah serta dapat menyusun paragraf sesuai tema
II. Materi Pembelajaran:
• Menyalin ayat al-Qur’an ke dalam Khat riq’ah
إنما المؤمنون إخوة فأصلحوا بين أخويكم
إنما بعثت لأتمم مكارم الأخلاق
• Menulis dikte kata-kata berikut
أهلا وسهلا، مرحبا، تشرفنا، تسكن، شقة، حي، عمارة
• Menyusun wacana dengan topik tempt tinggal dengan bantuan kalimat-kalimat berikut:

1. موقع البيت
2. وصف البيت
3. أنشطة أفراده
III. Metode:
• Modelling
• Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN MEDIA/SUMBER WAKTU
1 Pendahuluan 15
a. Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d. 2 orang siswa menulis ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat riq’ah di papan tulis.
e. Guru menulis kembali ayat tersebut dengan khat riq’ah



Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii
2 Kegiatan Inti 60 menit
a. setiap siswa menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru.
b. Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
c. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
d. Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang
e. Guru memberikan lembaran kertas kepada setiap kelompok berisikan:
1. wacana tulis yang masih belum legkap.
2. Kalimat-kalimat acak dari satu wacana.
f. Setiap kelompok melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia dan menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah wacana yang utuh.
g. Hasil kerja kelompok dibacakan oleh perwakilan masing-masing kelompok.
h. Setiap kelompok memberi masukan kepada kelompok lain.
i. Setiap kelompok membuat wacana sesuai tema dengan memasukkan unsur kaidah tentang النكرة والمعرفة Buku kaligrafi
Buku paket


Instrumen latihan
3 Penutup 15 menit
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b. Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
Buku paket
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
• Guru
• Buku paket pelajaran Bahasa Arab Program Bahasa Asing
• Ruang kelas
VI. Penilaian:
• Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis: Individu (khat), kelompok (membuat wacana)
b. Bentuk: Tes tulis
c. Contoh:
A. Salinlah tulisan ayat berikut ini ke dalam khat riq’ah
وإذ قال لقمان لابنه وهو يعظه يابني لا تشرك بالله إن الشرك لظلم عظيم
Kriteteria Penilaian
• Keindahan
• Ketepatan dengan kaidah penulisan
B. Buatlah wacana tentang topik wacana dengan topik ”Hubungan Antar Tetangga (العلاقة مع الجيران) dengan bantuan kalimat-kalimat berikut:

1. نحن نعيش في المجتمع
2. يحتاج كل واحد منا إلى الآخر ويساعد بعضنا بعضنا بعضا.
3. للتجار حقوق يجب أن نحترمها ونحافظ عليها.
• اعانته إذا استعان
• اعارته إذا استعار
• عيادته إذا مرض
• تشييع جنازته إذا مات
• تهنيئه إذا نجح
4. وللمسلم واجبات لجاره لقوله صلى الله عليه وسلم: "من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فاليكرم جاره" وقوله: "المسلم من سلم المسلمون من لسانه ويده"
• Hasil (ulangan harian)

Mengetahui ............., ...... ................ ...........
Kepala MA... Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

.............................. ............................
NIP ...................... NIP .....................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar