Kamis, 27 Mei 2010

PEDOMAN
PENYUSUNAN USULAN DAN LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)




EDISI 2006








DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
DIREKTORAT KETENAGAAN
2006

KATA PENGANTAR

Buku Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan penyempurnaan dari Edisi 2005 yang disusun berdasarkan masukan-masukan yang diperoleh dari hasil reviu usulan penelitian tahun 2005. Buku ini berisi panduan untuk menyusun usulan penelitian, tata cara pengajuan usulan penelitian, kriteria seleksi, pemantauan, penulisan laporan dan artikel hasil penelitian.
Buku ini ditujukan untuk dosen LPTK dan guru agar dapat menyusun usulan dan melakukan PTK secara tuntas sesuai dengan konsep dasar dan prosedur pelaksanaan serta dapat menulis laporan dan artikel hasil penelitian yang baik. Di samping itu dengan terbitnya buku pedoman ini diharapkan para dosen LPTK dan guru dapat merencanakan suatu upaya peningkatan kualitas pembelajaran yang inisiatifnya berasal dari motivasi internal dosen dan guru itu sendiri (an effort to internally initiate endeavor for education quality improvement).
Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh anggota tim PTK Direktorat Ketenagaan beserta seluruh staf yang terlibat dan telah bekerja untuk dapat menerbitkan buku pedoman ini. Semoga buku pedoman ini bermanfaat dan dapat digunakan sebagai tuntunan dalam mengajukan usulan dan melaporkan hasil PTK.



Jakarta, April 2006
Direktur Ketenagaan




Prof. Sukamto, M.Sc., Ph.D
NIP. 130 367 414

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ...................................................................... i
DAFTAR ISI...................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ................................................................
B. Tujuan .............................................................................
C. Manfaat ...........................................................................
D. Mata Pelajaran dan Bidang Kajian .................................
E. Pengusul Penelitian .........................................................
F. Kolaborasi dalam Penelitian Tindakan Kelas .................
G. Jadwal Penelitian ........... ................................................
H. Biaya Penelitian ..............................................................
I. Perjanjian Penelitian dan Pencairan Dana ...................... 1
2
2
3
4
4
4
5
5
BAB II USULAN PENELITIAN
A. Kelengkapan dan Sistematika Usulan .............................
B. Pengajuan Usulan ............................................................
7
13
BAB III SELEKSI USULAN PENELITIAN
A. Seleksi Institusional .........................................................
B. Seleksi Nasional ...............................................................
C. Pengumuman Hasil Seleksi Nasional ..............................
16
16
18
BAB IV PEMANTAUAN PELAKSANAAN PENELITIAN
A. Pemantauan Institusional .................................................
B. Pemantauan Nasional .......................................................
19
19
BAB V LAPORAN PENELITIAN
A. Kelengkapan dan Sistematika Laporan ............................
B. Tata Cara Pelaporan .........................................................
C. Penulisan Artikel Hasil Penelitian ....................................
D. Seleksi Laporan Penelitian dan Artikel Hasil Penelitian
20
24
24
25
BAB VI PENUTUP 26
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1: Format Sampul Usulan Penelitian ................................
Lampiran 2: Format Halaman Pengesahan Usulan Penelitian ..........
Lampiran 3: Format Surat Keterangan Ketua Lembaga Penelitian
Lampiran 4: Format Surat Keterangan Dekan ..................................
Lampiran 5: Format Berita Acara Seleksi Institusional Usulan
Penelitian ......................................................................
Lampiran 6a: Format Evaluasi Administratif Pengusulan ...............
Lampiran 6b: Format Evaluasi Administratif Usulan Penelitian ....
Lampiran 7: Format Evaluasi Akademik Usulan Penelitian .............
Lampiran 8: Format Personalia Penelitian ........................................
Lampiran 9: Format Sampul Laporan Penelitian ..............................
Lampiran 10: Format Halaman Pengesahan Laporan Penelitian .....
Lampiran 11: Format Curriculum Vitae ...........................................
Lampiran 12: Format Berita Acara Serah Terima Laporan Penelitian
Lampiran 13: Format Surat Pengantar Usulan PPKP dan PTK .......

27
28
30
31

32
33
34
37
40
41
42
44
45
47

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dapat ditempuh melalui berbagai cara, antara lain: peningkatan bekal awal siswa baru, peningkatan kompetensi guru, peningkatan isi kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa, penyediaan bahan ajar yang memadai, dan penyediaan sarana belajar. Dari semua cara tersebut peningkatan kualitas pembelajaran melalui peningkatan kualitas pendidik menduduki posisi yang sangat strategis dan akan berdampak positif. Dampak positif tersebut berupa: (1) peningkatan kemampuan dalam menyelesaikan masalah pendidikan dan masalah pembelajaran yang dihadapi secara nyata; (2) peningkatan kualitas masukan, proses, dan hasil belajar; (3) peningkatan keprofesionalan pendidik; (4) penerapan prinsip pembelajaran berbasis penelitian.
Upaya meningkatkan kemampuan meneliti di masa lalu cenderung dirancang dengan pendekatan research-development-dissemination (RDD). Pendekatan ini lebih menekankan perencanaan penelitian yang bersifat top-down dan sangat teoretis. Paradigma demikian dirasakan tidak sesuai lagi dengan perkembangan pemikiran baru, khususnya dengan konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) atau school-based quality management. Pendekatan MPMBS menitikberatkan pada upaya perbaikan mutu yang inisiatifnya berasal dari motivasi internal pendidik dan tenaga kependidikan itu sendiri (an effort to internally initiate endeavor for quality improvement), dan bersifat pragmatis-naturalistik.
MPMBS mengisyaratkan pula adanya kemitraan antarjenjang dan jenis pendidikan, baik pada tataran praktis-implementasional maupun dalam tataran gagasan-konseptual. Kebutuhan akan kemitraan yang sehat, produktif, dan dikembangkan atas prinsip kesetaraan sudah sangat mendesak. Kemitraan yang sehat antara LPTK dan sekolah adalah sesuatu yang penting dan strategis, lebih-lebih lagi dalam era otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan. Penelitian pun hendaknya dikelola berdasarkan atas dasar kemitraan yang sehat (kolaboratif) sehingga kedua belah pihak dapat memetik manfaat secara timbal balik (reciprocity of benefits).
Upaya meningkatkan kompetensi pendidik untuk menyelesaikan masalah pembelajaran yang dihadapi saat menjalankan tugasnya dapat dilakukan melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara dosen dengan guru. Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran dapat dikaji, ditingkatkan, dan dituntaskan sehingga proses pendidikan dan pembelajaran yang inovatif dan hasil belajar yang lebih baik, dapat diwujudkan secara sistematis. Upaya PTK diharapkan dapat menciptakan sebuah budaya belajar (learning culture) di kalangan dosen di LPTK dan guru-siswa di sekolah. PTK menawarkan peluang sebagai strategi pengembangan kinerja melalui pemecahan masalah-masalah pembelajaran (teaching-learning problems solving), sebab pendekatan penelitian ini menempatkan pendidik sebagai peneliti sekaligus sebagai agen perubahan yang pola kerjanya bersifat kolaboratif dan saling memberdayakan.

B. Tujuan
Program penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah.

C. Manfaat
1. Peningkatan kompetensi guru dalam mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas.
2. Peningkatan sikap profesional guru dan dosen.
3. Perbaikan dan/atau peningkatan kinerja belajar dan kompetensi siswa.
4. Perbaikan dan/atau peningkatan kualitas proses pembelajaran di kelas.
5. Perbaikan dan/atau peningkatan kualitas penggunaan media, alat bantu belajar, dan sumber belajar lainnya.
6. Perbaikan dan/atau peningkatan kualitas prosedur dan alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur proses dan hasil belajar siswa.
7. Perbaikan dan/atau pengembangan pribadi siswa di sekolah.
8. Perbaikan dan/atau peningkatan kualitas penerapan kurikulum.

D. Mata Pelajaran dan Bidang Kajian
1. Mata pelajaran meliputi: semua mata pelajaran yang ada di berbagai jenjang pendidikan formal pada tingkat dasar dan menengah.
2. Bidang kajian meliputi:
a. Masalah belajar siswa di sekolah (termasuk di dalam tema ini, antara lain: masalah belajar di kelas, kesalahan-kesalahan pembelajaran, miskonsepsi, dan peningkatan hasil belajar siswa).
b. Desain dan strategi pembelajaran di kelas (termasuk dalam tema ini, antara lain: masalah pengelolaan dan prosedur pembelajaran, implementasi dan inovasi dalam metode pembelajaran, interaksi di dalam kelas, partisipasi orangtua dalam proses belajar siswa).
c. Alat bantu, media dan sumber belajar (termasuk dalam tema ini, antara lain: masalah penggunaan media, perpustakaan, dan sumber belajar di dalam/luar kelas, peningkatan hubungan antara sekolah dan masyarakat).
d. Sistem asesmen dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran (termasuk dalam tema ini, antara lain: masalah evaluasi awal dan hasil pembelajaran, pengembangan instrumen asesmen berbasis kompetensi).
e. Pengembangan pribadi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya (termasuk dalam tema ini antara lain: peningkatan kemandirian dan tanggungjawab peserta didik, peningkatan keefektifan hubungan antara pendidik- peserta didik dan orangtua dalam PBM, peningkatan konsep diri peserta didik).
f. Masalah kurikulum (termasuk dalam tema ini antara lain: implementasi kurikulum, urutan penyajian materi pokok, interaksi guru-siswa, siswa-materi ajar, dan siswa-lingkungan belajar).

E. Pengusul
1. Dosen LPTK negeri maupun swasta dari semua program studi kependidikan yang berkolaborasi dengan guru di sekolah/madrasah.
2. Ketua peneliti tidak sedang terikat perjanjian penelitian di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, yang dinyatakan dengan Surat Keterangan dari Lembaga Penelitian, lihat format pada Lampiran 3 .
3. Ketua dan anggota peneliti tidak sedang mengikuti pendidikan S2 atau S3, yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Dekan, lihat format pada Lampiran 4.

F. Kolaborasi dalam Penelitian Tindakan Kelas
1. PTK bersifat kolaboratif, dalam pengertian usulan harus secara jelas menggambarkan peranan dan intensitas masing-masing anggota peneliti pada setiap kegiatan penelitian, yaitu: pada saat mendiagnosis masalah, menyusun usulan, melaksanakan penelitian (menyusun rencana tindakan, melaksanakan tindakan, mengobservasi, merekam data, mengevaluasi, dan melakukan refleksi), menganalisis data, menyeminarkan hasil, dan menyusun laporan akhir (lihat format pada Lampiran 8).
2. Kedudukan dosen dan guru setara, dalam arti masing-masing mempunyai peran dan tanggung jawab sesuai dengan pembagian tugas yang telah disepakati.

G. Jadwal Penelitian
1. PTK dirancang untuk kurun waktu delapan bulan (April – November).
2. Persiapan penelitian dilakukan pada bulan April – Juni.
3. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester gasal di sekolah (Juli – Oktober).
4. Laporan hasil penelitian harus sudah diterima Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti paling lambat tanggal 30 November.

H. Biaya Penelitian
Biaya maksimal untuk setiap usulan penelitian akan ditetapkan oleh Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti. Rincian penggunaan biaya penelitian untuk setiap usulan terdiri atas:
1. Honorarium ketua dan anggota peneliti maksimal 30% dari total biaya yang diusulkan.
2. Biaya operasional kegiatan penelitian sesuai dengan kebutuhan.
3. Bahan habis pakai yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian perlu dirinci sesuai dengan kebutuhan.
4. Biaya perjalanan (maksimal 15%) disesuaikan dengan kebutuhan riil di lapangan termasuk biaya perjalanan anggota peneliti ke tempat penelitian kecuali untuk guru tidak dibenarkan mendapat biaya perjalanan ke sekolahnya sendiri
5. Biaya manajemen (maksimal 10%) digunakan untuk seleksi dan pemantauan institusional, pemberkasan, pengiriman usulan dan laporan hasil penelitian.
6. Pengeluaran lain-lain (maksimal 10%) antara lain digunakan untuk pembuatan laporan, foto copy, pembelian alat tulis menulis.

I. Perjanjian Penelitian dan Pencairan Dana
Ketua Lembaga Penelitian dan Direktur Ketenagaan, Ditjen Dikti harus menandatangani Surat Perjanjian Penelitian dan dokumen pencairan dana. Perjanjian Penelitian bersifat mengikat. Ketua Lembaga Penelitian harus mencermati setiap pasal dalam Surat Perjanjian Penelitian sebelum menandatanganinya.
Dana akan diberikan dalam dua tahap:
Tahap I diberikan sebesar 70% dari nilai perjanjian, setelah penandatanganan dokumen pencairan dana. Dokumen pencairan dana terdiri atas Surat Perjanjian Penelitian, Surat Perintah Kerja, dan kuitansi senilai 70% dari nilai perjanjian.
Tahap II diberikan sebesar 30% dari nilai perjanjian, setelah Ketua Lembaga Penelitian menyerahkan laporan sebanyak 2 eksemplar untuk setiap judul penelitian dan berita acara serah terima laporan penelitian (Lampiran 12) dalam batas waktu yang telah ditentukan (lihat Bab I bagian G), dan menandatangani kuitansi senilai 30% dari nilai perjanjian.
Dalam penandatanganan Dokumen Pencairan Dana, Ketua Lembaga Penelitian harus membawa meterai Rp. 6.000,00 sebanyak 10 buah dan membawa stempel lembaga.

BAB II
USULAN PENELITIAN


A. Kelengkapan dan Sistematika Usulan
Usulan penelitian disusun dengan kelengkapan dan sistematika sebagai berikut.

Sampul Usulan Penelitian
Halaman Pengesahan
A. Judul Penelitian
B. Mata Pelajaran dan Bidang Kajian
C. Pendahuluan
D. Rumusan Masalah dan Pemecahannya
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Hasil Penelitian
G. Kajian Pustaka
H. Prosedur Penelitian
I. Jadwal Penelitian
J. Biaya Penelitian
K. Personalia Penelitian
L. Daftar Pustaka
M. Lampiran-Lampiran:
1. Instrumen Penelitian
2. Curriculum Vitae semua peneliti
3. Surat Keterangan Ketua Lembaga Penelitian
4. Surat Keterangan Dekan

Deskripsi dari tiap-tiap komponen di atas dapat dilihat sebagai berikut.

Sampul Usulan Penelitian
Sampul usulan penelitian harus berwarna biru dengan ukuran A4. Format sampul usulan hendaknya sesuai dengan Lampiran 1.


Halaman Pengesahan
Halaman pengesahan memuat judul penelitian, mata pelajaran dan bidang kajian, identitias ketua peneliti, nama anggota penelitia, waktu penelitian, biaya penelitian, diketahui Kepala Sekolah dan Dekan serta disetujui oleh Ketua Lembaga Penelitian. Format halaman pengesahan harus sesuai dengan Lampiran 2.

Judul Penelitian
Judul hendaknya singkat (maksimal 15 kata); spesifik; cukup jelas menggambarkan masalah yang akan diteliti, tindakan untuk mengatasi masalah, dan tempat penelitian.

Mata Pelajaran dan Bidang Kajian
Mata pelajaran dan bidang kajian secara rinci dapat dilihat pada Bab I bagian D.

Pendahuluan
Penelitian dilakukan untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran. Masalah PTK bukan dihasilkan dari kajian teoretik. Masalah dapat terinspirasi dari hasil penelitian terdahulu, tetapi harus tetap digali dari permasalahan pembelajaran yang aktual. Masalah yang diteliti digali atau didiagnosis secara kolaboratif dan sistematis oleh dosen dan guru dari masalah yang nyata dihadapi guru dan/atau siswa di sekolah/madrasah. Kolaborasi antaranggota peneliti ini harus digambarkan secara jelas.
Masalah yang diteliti harus bersifat penting dan mendesak untuk dipecahkan, serta dapat dilaksanakan dilihat dari segi ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung lainnya yang dapat memperlancar penelitian tersebut. Identifikasi masalah penelitian disertai dengan data pendukung, selanjutnya masalah dianalisis untuk menentukan akar penyebab masalah.

Rumusan Masalah dan Pemecahannya
1. Rumusan Masalah
Masalah penelitian dirumuskan dalam bentuk rumusan penelitian tindakan kelas, menggunakan kalimat tanya. Masalah perlu dijelaskan secara operasional dan ditetapkan lingkup penelitiannya.
2. Pemecahan Masalah
Alternatif tindakan yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah perlu diidentifikasi. Argumentasi logis terhadap pilihan tindakan yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah (misalnya: karena kesesuaiannya dengan masalah, kemutakhirannya, keberhasilannya dalam penelitian sejenis, dll) perlu disajikan. Cara pemecahan masalah ditentukan berdasarkan ketepatannya dalam mengatasi akar penyebab permasalahan dan dirumuskan dalam bentuk tindakan (action) yang jelas dan terarah. Hipotesis tindakan dikemukakan bila diperlukan. Indikator keberhasilan tindakan harus realistik (mempertimbangkan kondisi sebelum diberikan tindakan) dan dapat diukur (jelas cara asesmennya).

Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian dirumuskan secara singkat dan jelas berdasarkan permasalahan dan cara pemecahan masalah yang dikemukakan.

Manfaat Hasil Penelitian
Manfaat hasil penelitian khususnya untuk perbaikan kualitas pendidikan dan/atau pembelajaran diuraikan secara jelas. Perlu juga dikemukakan manfaatnya bagi siswa, guru, komponen pendidikan terkait di sekolah, dan/atau dosen.

Kajian Pustaka
Kajian teoretis dan empiris (hasil penelitian terdahulu yang relevan) dikemukakan sebagai landasan pemilihan tindakan. Uraian ini digunakan sebagai dasar penyusunan kerangka berpikir yang menunjukkan keterkaitan antara masalah, teori, hasil penelitian terdahulu yang relevan, dan pilihan tindakan. Kerangka berpikir tersebut dapat digambarkan dalam bentuk bagan, diagram, uraian argumentatif, atau bentuk penyampaian lainnya.

Prosedur Penelitian
Subjek penelitian adalah siswa sekolah tempat penelitian. Waktu dan lamanya tindakan dikemukakan secara rinci sesuai dengan banyaknya siklus yang direncanakan. Tempat penelitian dikemukakan secara jelas.
Prosedur/langkah-langkah penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan diuraikan secara rinci dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi-refleksi untuk setiap siklus.
1. Perencanaan tindakan menggambarkan secara rinci hal-hal yang perlu dilakukan sebelum pelaksanaan tindakan (seperti: penyiapan perangkat pembelajaran berupa skenario pembelajaran, media, bahan dan alat, instrumen observasi, evaluasi, dan refleksi).
2. Pelaksanaan tindakan berisi uraian tahapan-tahapan tindakan yang akan dilakukan oleh peneliti maupun siswa dalam pembelajaran.
3. Observasi menggambarkan objek amatan dan cara pengamatannya.
4. Tahap evaluasi menguraikan cara dan hasil asesmennya. Selanjutnya dalam tahap refleksi diuraikan prosedur, alat, pelaku, sumber informasi, dan cara analisisnya.
Dalam PTK, satu siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Siklus-siklus kegiatan penelitian dirancang berdasarkan tingkat pencapaian indikator keberhasilan dalam setiap siklus. Untuk memantapkan hasil tindakan, tiap-tiap siklus dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan. Observasi terhadap proses dilakukan secara terus-menerus oleh guru dan dosen selama proses penelitian. Guru dapat saling berganti peran: pada suatu saat dapat sebagai pengajar dan pada saat yang lain sebagai pengamat. Dalam rencana pelaksanaan tindakan pada setiap tahapan hendaknya digambarkan peranan dan intensitas kegiatan masing-masing anggota peneliti, sehingga tampak jelas tingkat dan kualitas kolaborasi dalam penelitian tersebut.
Jadwal Penelitian
Jadwal kegiatan penelitian yang meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan monitoring, seminar dan penyusunan laporan hasil penelitian dibuat dalam bentuk Gantt chart. Secara rinci dapat dilihat pada Bab I bagian G.

Biaya Penelitian
Besarnya biaya penelitian disusun secara rinci dengan mengacu kepada kegiatan penelitian pada Bab I bagian H.

Personalia Penelitian
Jumlah personalia penelitian minimal 3 orang, maksimal 5 orang dengan komposisi 1 dosen + 2 s.d. 4 guru atau 2 dosen + 3 guru (jumlah guru harus lebih banyak dari jumlah dosen). Ketua Peneliti adalah dosen LPTK. Nama personalia tim peneliti serta peran dan waktu yang disediakan untuk kegiatan penelitian ini dirinci sesuai format pada Lampiran 8.

Daftar Pustaka
Daftar Pustaka dituliskan secara konsisten dan alphabetis sesuai dengan salah satu model baku. Sumber yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka hanya yang benar-benar dirujuk di dalam naskah. Semua sumber yang dirujuk di dalam naskah harus dicantumkan di dalam Daftar Pustaka.
Daftar Pustaka dapat bersumber pada buku, jurnal, majalah dan internet. Daftar Pustaka ditulis menurut tata cara sebagai berikut.

1. Buku
Nama pengarang. (tahun terbit). judul buku (cetak miring). edisi buku. kota penerbit: nama penerbit. (model American Psychology Association – APA edisi kelima).
Contoh:
Wiersma, W. (1995). Research Methods in Education: An Introduction. Boston: Allyn and Bacon.


2. Artikel/Bab dalam suatu Buku:
Nama pengarang. (tahun terbit). judul artikel. In/dalam nama editor (Ed.). judul buku (cetak miring). Edisi. nama penerbit, kota penerbit, halaman
Contoh:
Schoenfeld, A.H., (1993). On Mathematics as Sense Making: An Informal Attack on the Unfortunate Divorce of Formal and Informal Mathematics, in J.F. Voss., D.N. Perkins & J.W. Segal (Eds.). Informal Reasoning and Education. Hillsdale. NJ: Erlbaum, pp. 311-344.

3. Artikel dari Jurnal
Nama pengarang, tahun, judul artikel, nama jurnal (cetak miring), volume jurnal, halaman.
Contoh:
Mikusa, M.G. & Lewellen, H., (1999). Now Here is That, Authority on Mathematics Reforms, The Mathematics Teacher, 92: 158-163.

4. Majalah
Nama pengarang, tahun, judul artikel, nama majalah (cetak miring) volume terbitan, nomor terbitan, halaman.
Contoh:
Ross, D., (2001). The Math Wars, Navigator, Vol 4, Number 5, pp. 20-25.

5. Internet
Nama pengarang, tahun, judul (cetak miring), alamat website, tanggal akses.
Contoh:
Wu, H.H., (2002). Basic Skills versus Conceptual Understanding: A Bogus Dichotomy in Mathematics Education. Tersedia pada http://www.aft.org/publications. Diakses pada tanggal 11 Februari 2006.

Lampiran-Lampiran
1. Instrumen penelitian (sertakan semua instrumen penelitian yang telah berhasil dikembangkan).
2. Curriculum Vitae Ketua Peneliti dan masing-masing Anggota Peneliti (Cantumkan Nama, NIP/NIK, Tempat dan Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Golongan, Pangkat, Jabatan, Alamat Kantor, Nomor Telepon Kantor/Fax, Alamat Rumah, Nomor Telepon Rumah/HP, Riwayat Pendidikan, dan Pengalaman Penelitian yang relevan) lihat Lampiran 11.
3. Surat Keterangan Ketua Lembaga Penelitian
4. Surat Keterangan Dekan

B. Pengajuan Usulan
1. Cara Pengajuan Usulan Penelitian
a. Diajukan melalui dan disetujui oleh Lembaga Penelitian, diketahui oleh Dekan Fakultas dan Kepala Sekolah yang bersangkutan.
b. Masing-masing LPTK maksimal boleh mengajukan sejumlah usulan seperti ditetapkan Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti. Oleh karena itu, setiap Lembaga Penelitian wajib menyeleksi proposal PTK sebelum diajukan ke Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti.
c. Seleksi awal terhadap usulan dosen dari LPTK dilaksanakan oleh masing-masing Lembaga Penelitian dengan memperhatikan secara sungguh-sungguh Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan PTK yang disusun oleh Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti. Berita acara seleksi (Lampiran 5) harus dilampirkan pada saat pengiriman usulan penelitian. Harus ada kesesuaian jumlah dan judul antara berita acara seleksi dan bukti fisik proposal yang dikirimkan. Pengajuan usulan PTK oleh Lembaga Penelitian perlu disertai dengan surat pengantar (Lampiran 13) yang ditandatangani oleh Ketua Lembaga Penelitian/pejabat yang berwenang. Dalam surat pengantar tersebut perlu dicantumkan nomor telepon, alamat e-mail, nama serta alamat Bank, Nomor Rekening atas nama Lembaga Penelitian (bukan atas nama pribadi atau perorangan) dan NPWP untuk mentransfer biaya penelitian. Penulisan nomor rekening dan alamat bank seperti contoh di bawah ini.
Nomor Rekening : 145-00-021XXX-X
Nama Bank : Bank Mandiri Cab. Singaraja
Alamat Bank : Jl. Achmad Yani Singaraja, Bali
NPWP : 00.215.123.1-XXX.XXX
2. Usulan dibuat dalam rangkap 2 (dua) dengan sampul (cover) berwarna BIRU MUDA dan dikirimkan ke Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti Wisma Aldiron Lt.3, Jalan Gatot Subroto Kav. 72 Jakarta 12780 oleh masing-masing LPTK Pengusul (alamat dapat berubah, mohon dicermati surat pengantar atau website Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti).
3. Usulan penelitian harus sudah diterima di Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti paling lambat 1 Agustus pukul 17.00 WIB dalam rangkap 2 (dua) dengan ukuran kertas A4; huruf Times New Roman; ukuran 12; spasi 1,5.
4. Usulan yang tidak memenuhi ketentuan yang digariskan dalam pedoman ini akan didiskualifikasi dan usulannya tidak diperiksa.
5. Usulan penelitian akan diseleksi dengan menggunakan format terlampir (Lampiran 6 dan 7).

Secara umum alur pengajuan usulan sampai dengan pelaporan hasil PTK dapat digambarkan sebagai berikut.











Alur Pengajuan Usulan, Seleksi, Pelaksanaan, dan Pelaporan PTK

Dosen – Guru Lembaga Penelitian Direktorat PPTK & KPT
Penawaran PTK ke LPTK
• • •
Maret – Juli
Penyusunan usulan PTK •
Maret – Juni •
Minggu I Juli
Seleksi internal di LPTK

Minggu II Juli
Pengiriman usulan ke Direktorat Ketenagaan •
1 Agustus jam 17.00 WIB

Seleksi (administratif dan akademik)

Minggu IV Agustus
Pengumuman hasil seleksi •
Desember
Penandatanganan Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian
• •
Maret tahun berikutnya
Pelaksanaan penelitian (persiapan dan pelaksanaan) •
Persiapan:
Maret - Juni tahun berikutnya
Pelaksanaan tindakan: Juli – Sept tahun berikutnya
Pemantauan: •

Seminar DO: Juni tahun berikutnya
Lap. Kemajuan: Mg II Agst tahun berikutnya
Seminar draf lap: Mg III Okt tahun berikutnya •
Mg III – IVAgst 2007
Penyusunan dan pengiriman laporan akhir ke Direktorat Ketenagaan
• Penyusunan Lap. Akhir dan Artikel
• Pengiriman Lap. Akhir dan Artikel



Mg I – III Okt tahun berikutnya



Mg III Okt tahun berikutnya


Mg II Nov tahun berikutnya







15 Nov tahun berikutnya
Seminar Nasional

Maret 2 tahun berikutnya
Pemilihan artikel untuk Research Digest

April 2 tahun berikutnya

Catatan: Tanggal dapat berubah/menyesuaikan

BAB III
SELEKSI USULAN PENELITIAN


Usulan penelitian akan diseleksi secara institusional dan nasional sebagai berikut.

A. Seleksi Institusional
Semua usulan penelitian yang diterima dari dosen wajib diseleksi secara institusional oleh Lembaga Penelitian. Apabila jumlah usulan yang diterima kurang dari jumlah maksimal yang ditentukan Direktorat Ketenagaan Ditjen Dikti, Lembaga Penelitian tetap diwajibkan untuk melakukan seleksi atau reviu untuk perbaikan usulan sebelum usulan tersebut dikirim ke Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti. Hasil seleksi/reviu harus dituangkan dalam berita acara seleksi institusional sesuai dengan Lampiran 5. Berita acara ini kemudian dilampirkan pada surat pengantar pengiriman usulan.

B. Seleksi Nasional
Usulan penelitian akan diseleksi oleh Tim Pakar dari perguruan tinggi atau institusi yang ditunjuk oleh Ditjen Dikti. Seleksi usulan akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu seleksi administratif dan seleksi akademik.

1. Seleksi Administratif
Aspek administratif yang dinilai meliputi hal-hal sebagai berikut.
a. Ketepatan waktu penerimaan usulan (usulan sudah harus diterima di Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti, Wisma Aldiron, Jalan Gatot Subroto Kav. 72 Jakarta 12780 pada tanggal 1 Agustus pukul 17.00 WIB).
b. Jumlah usulan tidak melebihi jumlah maksimal usulan penelitian yang ditetapkan oleh Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti.
c. Pengiriman usulan ke Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti disertai surat pengantar resmi dari Lembaga Penelitian/pejabat yang berwenang (Lampiran 13).
d. Surat pengantar perlu dilampiri berita acara seleksi/reviu institusional usulan penelitian (Lampiran 5).
e. Jumlah eksemplar setiap judul usulan penelitian tidak kurang dari 2 eksemplar.
f. Perwajahan (warna sampul biru muda, ukuran kertas A4; huruf Times New Roman; ukuran 12; spasi 1,5).
g. Halaman Pengesahan sesuai dengan format (Lampiran 2) dan ditandatangani Ketua Peneliti, Dekan, Kepala Sekolah, dan Ketua Lembaga Penelitian. Pada Halaman Pengesahan harus ada stempel Fakultas, Sekolah dan Lembaga Penelitian.
h. Jumlah dan komposisi Peneliti (jumlah peneliti minimal 3 orang, maksimal 5 orang dengan komposisi sesuai dengan ketentuan yaitu 1 dosen + 2 s.d. 4 guru atau 2 dosen + 3 guru).
i. Dana penelitian tidak lebih dari jumlah yang ditetapkan Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti dan rincian penggunaannya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam pedoman Bab I bagian H.
j. Kelengkapan Lampiran (Curriculum Vitae Ketua dan semua anggota peneliti, Surat keterangan Ketua Lembaga Penelitian dan Dekan).
Hanya usulan yang lolos seleksi administratif akan disertakan dalam seleksi akademik.

2. Seleksi Akademik
Seleksi Akademik meliputi:
a. Judul (singkat, maksimal 15 kata; spesifik; dan cukup jelas menggambarkan masalah yang akan diteliti, tindakan untuk mengatasi masalah, hasil yang diharapkan, dan tempat penelitian).
b. Pendahuluan (masalah nyata, jelas, penting, mendesak, dan didukung data; masalah dan penyebab masalah diidentifikasi secara kolaboratif antara dosen dan guru; identifikasi penyebab masalah jelas; peneliti berwenang memecahkan masalah dilihat dari kemampuan, waktu, sarana, prasarana).
c. Perumusan dan pemecahan masalah (rumusan masalah jelas, dalam bentuk rumusan masalah PTK; ada penjelasan masalah secara operasional; jelas lingkup penelitiannya; ada alternatif tindakan untuk memecahkan masalah; bentuk tindakan untuk memecahkan masalah sesuai dengan masalah; ada argumentasi logis pilihan tindakan; secara jelas tampak indikator keberhasilan).
d. Tujuan penelitian (tujuan penelitian jelas dan sesuai dengan rumusan masalah dan cara pemecahan masalah)
e. Manfaat penelitian (manfaat penelitian jelas untuk perbaikan kualitas pendidikan dan/atau pembelajaran, manfaat bagi siswa, guru, komponen pendidikan terkait di sekolah, dan/atau dosen).
f. Kajian pustaka (relevansi antara konsep/teori yang dikaji dengan permasalahan; relevansi teori dan hasil penelitian terkait dengan tindakan; jelas kerangka berpikir penelitiannya dan digambarkan dalam bentuk bagan, diagram, uraian argumentatif, atau bentuk penyampaian lainnya).
g. Prosedur penelitian (subjek, tempat, dan waktu dan lama tindakan jelas; ada perencanaan rinci langkah-langkah PTK; jumlah siklus lebih dari satu, siklus-siklusnya jelas dan tepat; jenis dan intensitas peran masing-masing peneliti pada setiap tahap penelitian jelas).
h. Jadwal penelitian (ditetapkan 8 bulan, bulan April sampai November, pelaksanaan tindakan mulai bulan Juli) dan ditulis dalam bentuk Gantt Chart.
i. Daftar Pustaka (penulisan daftar pustaka sesuai aturan dan konsisten).

C. Pengumuman Hasil Seleksi Nasional
Hasil seleksi nasional akan diumumkan paling lambat bulan Desember melalui internet dengan alamat: http://www.dikti.org

BAB IV
PEMANTAUAN PELAKSANAAN PENELITIAN


A. Pemantauan Institusional
Lembaga Penelitian masing-masing perguruan tinggi penerima PTK diwajibkan melakukan pemantauan institusional terhadap proses pelaksanaan PTK. Pemantauan institusional oleh Lembaga Penelitian diharapkan dilakukan dalam bentuk seminar desain operasional PTK pada bagian awal (Juni), laporan kemajuan (minggu II Agustus), dan seminar draf laporan PTK (minggu III Oktober). Seminar ini dilaksanakan untuk memberi masukan (minimal oleh dua orang pembahas yang ditunjuk Lembaga Penelitian) guna perbaikan rencana pelaksanaan penelitian dan laporan penelitian.
Selain melaksanakan kedua seminar di atas, Lembaga Penelitian diharapkan juga melakukan pemantauan secara langsung dan/atau tidak langsung.

B. Pemantauan Nasional
Pemantauan terhadap proses pelaksanaan penelitian akan dilakukan oleh Tim yang ditunjuk oleh Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti. Pelaksanaan pemantauan akan dikoordinasikan oleh Lembaga Penelitian masing-masing LPTK sebagai penanggung jawab perjanjian penelitian di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Pada saat pemantauan, ketua peneliti dan minimal seorang guru anggota peneliti diwajibkan hadir. Kegiatan pemantauan meliputi presentasi peneliti pada pleno, diskusi, wawancara, dan kunjungan lapangan. Pada saat presentasi peneliti menyajikan laporan kemajuan dan kendala pelaksanaan PTK.


BAB V
LAPORAN PENELITIAN


A. Kelengkapan dan Sistematika Laporan
Laporan penelitian harus disusun dengan kelengkapan dan sistematika sebagai berikut.

SAMPUL
HALAMAN PENGESAHAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (KALAU ADA)
DAFTAR GAMBAR (KALAU ADA)
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah dan Pemecahannya
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Hasil Penelitian
E. Hipotesis Tindakan (bila diperlukan)
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori
B. Temuan Hasil Penelitian yang Relevan
C. Kerangka Pikir
BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN
A. Lokasi dan Waktu Penelitian
B. Subjen Penelitian
C. Prosedur Penelitian
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
B. Pembahasan
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
1. Contoh Perangkat Pembelajaran
2. Instrumen Penelitian
3. Personalia Peneliti
4. Curriculum Vitae (semua peneliti)
5. Data Penelitian
6. Bukti Lain Pelaksanaan Penelitian (termasuk berita acara seminar draf laporan)





Deskripsi dari tiap-tiap komponen di atas dapat dilihat sebagai berikut.

SAMPUL LAPORAN
Format sampul laporan dapat dilihat pada Lampiran 9.

HALAMAN PENGESAHAN
Format halaman pengesahan laporan dapat dilihat pada Lampiran 10.

ABSTRAK
Abstrak berisi uraian ringkas permasalahan dan cara pemecahannya, tujuan, prosedur dan hasil penelitian. Abstrak diketik satu spasi dengan font 11, huruf Times New Roman dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jumlah kata dalam abstrak tidak melebihi 300 kata dan dilengkapi dengan kata-kata kunci sebanyak 3 – 5 kata.

KATA PENGANTAR
Berisi kata-kata yang ingin disampaikan oleh peneliti sehubungan dengan pelaksanaan penelitian dan hasil yang dicapai. Di bagian ini dapat pula disampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang berjasa dalam pelaksanaan penelitian.

DAFTAR ISI
Berupa halaman yang memuat bagian awal laporan, bab dan sub-bab, bagian akhir, disertai pencantuman nomor halamannya.

DAFTAR TABEL
Berisikan daftar nomor dan judul semua tabel yang ada dalam laporan disertai pencantuman nomor halamannya.

DAFTAR GAMBAR
Berisikan nomor dan judul semua gambar atau foto yang ada dalam laporan disertai pencantuman nomor halamannya. Gambar atau foto yang dimaksud adalah gambar/foto yang diambil selama proses penelitian berlangsung dan berguna antara lain, untuk menggambarkan sittuasi kelas laboratorium atau mimik seorang peserta didik yang dapat memperkuat uraian dalam komponen penemuan.

BAB I PENDAHULUAN
Memuat unsur latar belakang masalah, perumusan masalah dan pemecahannya (termasuk definisi operasional dan ruang lingkup penelitian), tujuan penelitian, manfaat hasil penelitian, hipotesis tindakan (bila diperlukan)

BAB II KAJIAN PUSTAKA
Menguraikan teori terkait dan temuan penelitian yang relevan yang memberi arah pemilihan tindakan dan pelaksanaan PTK. Uraian ini digunakan sebagai dasar penyusunan kerangka berpikir dan usaha peneliti membangun argumen teoretik bahwa dengan tindakan tertentu dimungkinkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan dan pembelajaran, bukan untuk membuktikan teori. Kerangka berpikir tersebut dapat digambarkan dalam bentuk bagan, diagram, uraian argumentatif, atau bentuk penyampaian lainnya.



BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN
Mengandung unsur: deskripsi lokasi, waktu, mata pelajaran, karakteristik siswa di sekolah sebagai subjek penelitian. Tiap siklus yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi dideskripsikan pelaksanaannya secara rinci dan jelas.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Menyajikan hasil tiap-tiap siklus dengan data lengkap yang berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan dan kelemahan yang terjadi. Perlu ditambahkan hal yang mendasar yaitu perubahan pada diri siswa, lingkungan, guru berupa perubahan proses dan hasil belajar. Grafik dan/atau tabel, foto dapat digunakan secara optimal untuk mengemukakan hasil analisis data yang menunjukkan perubahan yang terjadi. Pembahasan dilakukan dengan mengaitkan temuan dengan tindakan, indikator keberhasilan, serta kajian teoretik dan empirik.

BAB V SIMPULAN DAN SARAN
Menyajikan simpulan hasil penelitian (potret kemajuan) sesuai dengan tujuan penelitian. Saran tindak lanjut diberikan berdasarkan temuan dan pembahasan hasil penelitian.

DAFTAR PUSTAKA
Daftar Pustaka dituliskan secara konsisten dan alphabetis sesuai dengan salah satu model baku. Sumber yang dicantumkan dalam daftar pustaka hanya yang benar-benar dirujuk di dalam naskah. Semua sumber yang dirujuk di dalam naskah harus dicantumkan di dalam daftar pustaka.

LAMPIRAN-LAMPIRAN
Memuat contoh perangkat pembelajaran, instrumen penelitian, personalia peneliti, Curriculum Vitae semua peneliti, data penelitian, dan bukti lain pelaksanaan penelitian (termasuk berita acara seminar draf laporan).


B. Tata Cara Pelaporan
1. Laporan disampaikan dalam bentuk hardcopy (2 eksemplar) dan softcopy (CD: laporan dan artikel) ke Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti, Wisma Aldiron Lt.3, Jl. Gatot Subroto Kav. 72 Jakarta 12780 (atau ke alamat baru, lihat website Dikti).
2. Laporan akhir disampaikan paling lambat tanggal 30 November.

C. Penulisan Artikel Hasil Penelitian
Di samping menyampaikan laporan penelitian, peneliti diwajibkan menyerahkan artikel hasil PTK untuk publikasi ilmiah dalam bentuk hardcopy (2 eksemplar) dan softcopy (CD: laporan dan artikel).
Ketentuan penulisan artikel sebagai berikut.
1. Judul dan Nama Pelaksana Kegiatan
Judul artikel sesuai dengan judul penelitian, diberi catatan kaki yang menunjukkan sumber biaya penelitian. Nama penulis diberi catatan kaki yang menunjukkan perguruan tinggi tempat penulis bekerja. Semua nama penulis ditulis tanpa gelar.
2. Urutan Materi
Urutan materi artikel ditentukan sebagai berikut:
a. Judul Artikel dan terjemahannya dalam bahasa Inggris.
b. Nama semua peneliti
c. Abstrak (dalam bahasa Inggris)
d. Pendahuluan yang mencakup latar belakang penelitian, rumusan masalah, tinjauan pustaka, tujuan, dan manfaat
e. Prosedur pelaksanaan penelitian
f. Hasil dan pembahasan
g. Penutup yang mencakup simpulan, saran, dan rekomendasi tindak lanjut
h. Daftar Pustaka
3. Daftar Pustaka
Daftar Pustaka dituliskan secara konsisten dan alphabetis sesuai dengan salah satu model baku. Sumber yang dicantumkan dalam daftar pustaka hanya yang benar-benar dirujuk di dalam artikel. Semua sumber yang dirujuk di dalam artikel harus dicantumkan di dalam daftar pustaka.
4. Gambar dan Foto
Dicetak hitam putih, dicantumkan apabila benar-benar penting.
5. Pengetikan
Ukuran kertas A4, huruf Times New Roman, ukuran 12, jarak spasi 1,5). Jumlah halaman maksimal 15.

D. Seleksi Laporan Penelitian dan Artikel Hasil Penelitian
1. Laporan penelitian akan diseleksi dengan menggunakan format evaluasi laporan hasil penelitian.
2. Hasil seleksi nasional akan diumumkan pada bula Pebruari tahun berikutnya.
3. Peneliti yang laporan penelitian dan artikel hasil penelitiannya dinilai terbaik akan diundang untuk menyajikan artikelnya dalam Seminar Nasional yang diadakan pada bulan Maret tahun berikutnya.

BAB VI
PENUTUP


Buku pedoman ini disusun dengan harapan dapat membantu calon peneliti dan peneliti dalam menyusun usulan, merencanakan, melaksanakan dan melaporkan hasil penelitian tindakan kelas dengan sebaik-baiknya sesuai kaidah sehingga dapat diperoleh manfaat optimal khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Buku pedoman ini juga diharapkan dapat disebarluaskan kepada semua pihak yang berkepentingan dengan peningkatan kualitas pembelajaran, khususnya guru dan dosen.



Lampiran 1: Format Sampul Usulan Penelitian




Logo
Perguruan Tinggi


USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS




JUDUL PENELITIAN


Oleh :
......................................*)

PROGRAM STUDI
JURUSAN ...................................................
FAKULTAS
INSTITUT /UNIVERSITAS
Bulan, Tahun

*) Tuliskan semua nama pengusul lengkap dengan gelar akademik
Lampiran 2: Format Halaman Pengesahan Usulan Penelitian


HALAMAN PENGESAHAN
USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)

1. Judul Penelitian


2. a. Mata Pelajaran
b. Bidang Kajian
3. Ketua Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar
b. Jenis Kelamin
c. Pangkat, Golongan, NIP/NIK
d. Program Studi/Jurusan
e. Fakultas
f. Institut/Universitas
g. Alamat rumah:
Nomor telepon/HP:
Email:
4. Nama Anggota Peneliti 1. ..........................................
2. ..........................................
3. .........................................
4. ..........................................
5. Lama Penelitian .................. bulan/dari
bulan ............. sampai bulan ................
6. Biaya yang diperlukan:
a. Sumber dari Ditjen Dikti
b. Sumber lain, sebutkan ..................................................
Jumlah
Rp .........................................
Rp. .........................................
_________________________
Rp. ..........................................
(.................................................................)



Mengetahui
Dekan Fakultas

Cap dan tanda tangan
....................................
NIP...............................


.................................................
Ketua Peneliti,

Tanda tangan
....................................
NIP...............................

Lampiran 3: Format Surat Keterangan Ketua Lembaga Penelitian

Kop Lembaga Penelitian
___________________________________________________________

SURAT KETERANGAN
KETUA LEMBAGA PENELITIAN

Dengan ini, saya, Ketua Lembaga Penelitian Universitas/Institut ......................................... menerangkan bahwa:

Nama : ...................................................
Dosen Jurusan/Prodi : ...................................................
Fakultas : ...................................................

saat ini memiliki kegiatan penelitian sebagai berikut.
No Judul Penelitian Status Keanggotaan Status Penelitian Sumber Dana
Mulai Berakhir





saat ini sedang mengusulkan penelitian sebagai berikut.
No Judul Penelitian Status Keanggotaan Rencana Penelitian Sumber Dana
Mulai Berakhir





Surat Keterangan ini dibuat sebagai kelengkapan pengajuan usulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tahun ........
........................., .................................
Ketua Lembaga Penelitian
.....................................................

(tanda tangan dan stempel)

...................................................
NIP. ..........................................

Lampiran 4: Format Surat Keterangan Dekan

Kop Fakultas
___________________________________________________________

SURAT KETERANGAN DEKAN


Dengan ini, saya, Dekan Fakultas ........................ Universitas ......................................... menerangkan bahwa:

1. Nama : ....................................................
Dosen Jurusan/Prodi : ....................................................

2. Nama : ....................................................
Dosen Jurusan/Prodi : ....................................................

saat ini tidak sedang melanjutkan studi.

Surat Keterangan ini dibuat sebagai kelengkapan pengajuan usulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tahun .......
........................., ..............................
Dekan Fakultas ...........................
.....................................................

(tanda tangan dan stempel)



...................................................
NIP. ..........................................






Lampiran 5: Format Berita Acara Seleksi Institusional Usulan Penelitian

BERITA ACARA
SELEKSI INSTITUSIONAL USULAN PTK


Pada tanggal ........................... s.d ........................ di Lembaga Penelitian Universitas/Institut .......................................... ................. telah dilaksanakan seleksi usulan PTK sebanyak ................... usulan. Seleksi menghasilkan usulan-usulan yang layak untuk diikutkan dalam seleksi tingkat nasional sebanyak ............. usulan. Adapun nama ketua peneliti dan judul usulan yang lulus seleksi adalah sebagai berikut.

No Nama Ketua Peneliti Fak/Jurusan Judul Skor
1
2
dst





















Lampiran 6a: Format Evaluasi Administratif Pengusulan

LEMBAR EVALUASI ADMINISTRATIF PENGUSULAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
TAHUN ............


1. Perguruan Tinggi : .............................................................
2. Alamat Perguruan Tinggi : .............................................................

Kriteria Penilaian

NO KOMPONEN KRITERIA YA TIDAK CATATAN
1. Waktu Penerimaan Usulan Waktu penerimaan usulan tidak melebihi dari waktu yang ditentukan
2. Jumlah Usulan Jumlah usulan penelitian yang diajukan tidak melebihi kuota yang ditetapkan
3. Kelengkapan Pengusulan • Surat Pengantar Ka. Lemlit sesuai dengan format yang ditentukan (Lampiran 18)
• Lampiran Berita Acara Seleksi Institusional dan bukti fisik usulan

Pemeriksa,


.......................................

Lampiran 6b: Format Evaluasi Administratif Usulan Penelitian

LEMBAR EVALUASI ADMINISTRATIF USULAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
TAHUN ........

JUDUL : ...................................................................................
......................................................................................................................................................................

PENGUSUL
A. Nama Peneliti : .............................................................
B. Perguruan Tinggi : .............................................................
C. Anggota Peneliti : 1. .........................................................
2. .........................................................
3. .........................................................
4. .........................................................
D. Waktu Penelitian : bln ............................ s.d. bln ....................................
E. Jumlah Biaya yang diusulkan : Rp. .................................
Honor Ketua dan Anggota Peneliti : Rp. .................................
: .................................. %
(Maksimal 30% dari biaya yang diusulkan)

Kriteria Penilaian

NO KOMPONEN KRITERIA YA TIDAK CATATAN
1. Jumlah Eksemplar Setiap usulan terdiri atas 2 eksemplar

2. Perwajahan • Warna sampul biru muda
• Ukuran kertas A4
• Huruf Times New Roman, ukuran 12
• Spasi 1,5
3. Halaman Pengesahan • Sesuai format dalam panduan
• Ditandatangani Ketua Peneliti
• Ditandatangani Dekan dan ada stempel Fakultas
• Ditandatangani Kepsek dan ada stempel sekolah
• Ditandatangani Ka. Lembaga Penelitian dan ada stempel Lembaga Penelitian
4. Jumlah dan Komposisi Peneliti • Jumlah Peneliti minimal 3 orang dan maksimal 5 orang
• Komposisi Peneliti sesuai ketentuan yaitu: 1 dosen + 2 s.d. 4 guru atau 2 dosen + 3 guru
5. Dana Penelitian • Biaya tidak melebihi batas yang ditentukan
• Honorarium peneliti maksimal 30%
• Biaya lain-lain maksimal 10%
• Biaya manajemen maksimal 10%
6. Kelengkapan Lampiran • Curriculum Vitae Ketua dan Anggota Peneliti
• Surat Keterangan Dekan
• Surat Keterangan Ketua Lembaga Penelitian
..........................., .....................
Pemeriksa,


.......................................

Lampiran 7: Format Evaluasi Akademik Usulan Penelitian

LEMBAR EVALUASI AKADEMIK USULAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

JUDUL : ....................................................................................
....................................................................................
PENGUSUL
A. Ketua Peneliti : ........................................
B. Perguruan Tinggi : ........................................
C. Anggota Peneliti : 1. ...................................
2. ...................................
3. ..................................
4. ..................................
D. Waktu penelitian : bln .......................... s.d. bln. .................................

Kriteria Penilaian
No Komponen Kriteria Bobot Skor Bobot x Skor
1 Judul • Maksimal 15 kata
• Menggambarkan masalah yang diteliti, tindakan untuk mengatasi masalah, dan tempat penelitian 5
2 Pendahuluan • Masalah nyata dalam pembelajaran diperkuat dengan data
• Penyebab masalah jelas
• Masalah dan penyebabnya diidentifikasi secara kolaboratif antara dosen dan guru 20

3 Rumusan dan Pemecahan Masalah

• Rumusan masalah dalam bentuk rumusan masalah PTK
• Bentuk tindakan untuk memecahkan masalah sesuai dengan masalah
• Ada argumentasi logis pilihan tindakan
• Ada penjelasan masalah secara operasional
• Jelas lingkup penelitiannya
• Secara jelas tampak indikator keberhasilan
25
4 Tujuan • Sesuai dengan rumusan masalah
5
5 Manfaat • Jelas manfaat hasil penelitiannya
5
6 Kajian Pustaka • Relevansi antara konsep/teori yang dikaji dengan permasalahan
• Relevansi teori dan hasil penelitian terkait dengan tindakan.
• Jelas kerangka berpikir penelitiannya
15
7 Prosedur Penelitian • Jelas subjek, tempat, dan waktu penelitian
• Ada perencanaan rinci langkah-langkah PTK (termasuk perangkat pembelajaran dan instrumen)
• Jelas dan tepat siklus-siklusnya
• Jelas jenis dan intensitas peran para peneliti dalam setiap tahap penelitian
20
8 Lain-lain • Jadwal penelitian jelas menggambarkan waktu pelaksanaan (8 bulan, mulai April – November, pelaksanaan tindakan mula1 Juli/semester gasal, ditulis dalam bentuk Gantt Chart
• Daftar Pustaka relevan dan penulisannya sesuai ketentuan 5
TOTAL 100

Catatan :
1.Kolom skor diisi dengan nilai 1, 2, 4, 5 untuk masing-masing kriteria. Kolom nilai diisi bobot x skor.
2. Keterangan Nilai: 1 kurang sekali; 2 Kurang; 4 Baik; 5 Baik sekali
2. Nillai Akhir:  (Bobot x skor) : .......................................
Batas penerimaan (passing grade): 350 dari total skor 500

Hasil penilaian: Direkomendasikan/Tidak direkomendasikan
Alasan Tidak Direkomendasikan/Catatan Perbaikan: ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

.........................., tanggal.....................

Penilai

......................................................
Lampiran 8: Format Personalia Penelitian

No Nama Peneliti Peran/Tugas Peneliti Waktu yang disediakan per minggu









Lampiran 9: Format Sampul Laporan Penelitian



Logo
Perguruan Tinggi

LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS



JUDUL PENELITIAN


Oleh :
.....................................
......................................
.....................................
dibiayai oleh :
Direktorat Ketenagaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan Nasional
Dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian
Nomor.............................tanggal......................................

PROGRAM STUDI ..................................
JURUSAN ................................................
FAKULTAS ............................................
INSTITUT/UNIVERSITAS ....................
Bulan, Tahun
Lampiran 10: Format Halaman Pengesahan Laporan Penelitian


HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)


1. Judul Penelitian



2. Ketua Penelitian
a. Nama Lengkap dan Gelar
b. Jenis Kelamin
c. Pangkat, Golongan, NIP
d. Fakultas/Jurusan
e. Institut/Universitas
f. Alamat rumah:
Nomor telepon/HP:
Email:
3. Nama Anggota Peneliti 1. .............................................
2. ............................................
3. ...........................................
4. ...........................................
4. Lama Penelitian .................. bulan/dari
bulan ............. sampai bulan ...............

5. Biaya yang diperlukan
a. Sumber dari Depdiknas
b. Sumber lain (Sebutkan .........)
c. Jumlah
Rp

Rp

Rp
(.........................................)


.................................................................
Mengetahui
Dekan Fakultas

Cap dan tanda tangan
....................................
NIP...............................
Ketua Peneliti,

Tanda tangan
...................................
NIP...............................


Lampiran 11: Format Curriculum Vitae


1. Nama Lengkap dan Gelar : ...........................................
2. NIP/NIK : ...........................................
3. Tempat dan Tanggal Lahir : ...........................................
4. Jenis Kelamin : ...........................................
5. Pangkat, Golongan : ...........................................
6. Jabatan : ...........................................
7. Alamat kantor : ..........................................
..........................................
Nomor telepon/Fax : ..........................................
Alamat Email : ..........................................
8. Alamat rumah : .........................................
Nomor telepon/Hp : .........................................
9. Riwayat Pendidikan : .........................................
.........................................
10. Pengalaman Penelitian yang : .........................................
relevan


.................., .....................




(................................)


Lampiran 12: Format Berita Acara Serah Terima Laporan Penelitian


BERITA ACARA SERAH TERIMA
LAPORAN HASIL PELAKSANAAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


Pada Hari ini …….…. Tanggal ……….. Bulan ……. Tahun ................., kami yang bertanda tangan di bawah ini :

1. Prof. Sukamto, M.Sc.,Ph.D : Direktur Ketenagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang berkedudukan di Jakarta, dalam hal ini bertindak selaku Pembuat Komitmen di lingkungan Ditjen Pendidikan Tinggi, Departemen Depdiknas, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor : .......................; selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

2. ......................................... : Sebagai Ketua Lembaga Penelitian ........................... (nama LPTK) yang berkedudukan di ............ (nama kota) dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Perguruan Tinggi tersebut, selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.


Menerangkan bahwa :
1. Berdasarkan Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Nomor : ………Tanggal …………… PIHAK KEDUA telah menyerahkan Laporan Akhir Hasil Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak ……. judul sesuai dengan format laporan kemajuan yang telah ditentukan kepada PIHAK PERTAMA, dan PIHAK PERTAMA telah menerima serta menyetujui laporan tersebut dengan Ketua Peneliti sebagaimana tertera dalam lampiran surat perjanjian yang bersangkutan;

2. Sesuai dengan Pasal 2 ayat b dalam Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas pada bagian 1 diatas maka PIHAK KEDUA berhak menerima Pembayaran Tahap Kedua sebesar 30% dari Dana Hibah (30% x Rp. ….),- yaitu sebesar Rp. ……….(…)

3. Berita Acara ini dibuat rangkap 6 (enam) untuk dipergunakan sesuai dengan keperluan.


PIHAK KEDUA PIHAK PERTAMA
Ketua Lembaga Penelitian
........................... (nama LPTK) Direktur Ketenagaan
Ditjen Dikti, Depdiknas






...................................... Prof. Sukamto, M.Sc, Ph.D
NIP./NIK ...................... NIP. 130 367 414












Lampiran 13. Format Surat Pengantar Usulan PPKP dan PTK

Kop
Lembaga Penelitian
No. : ............................... Tanggal ...................
Lampiran : ...............................
Perihal : ...............................

Kepada :
Direktur Ketenagaan
Ditjen Dikti
Wisma Aldiron
Jl. Gatot Subroto Kav. 72
Jakarta – 12780

Bersama ini kami sampaikan Usulan Penelitian untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PPKP) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) hasil seleksi/reviu institusional sebanyak ..... judul (terlampir).

Sebagai kelengkapan dari surat pengantar ini kami sampaikan pula:

1. Alamat dan No. Rekening Bank dari Lembaga Penelitian, sebagai berikut:
Alamat Lembaga Penelitian : .............................................................
Nomor Telepon : .............................................................
E-mail : .............................................................
Nama Pemegang Rekening : Lembaga Penelitian ............................
Nomor Rekening : .............................................................
Nama Bank : .............................................................
Alamat Bank : .............................................................
NPWP : .............................................................

2. Berita Acara Seleksi/Reviu Institusional Usulan PPKP/PTK (terlampir)

Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

. .................., .................................
Ketua Lembaga Penelitian
.....................................................
(tanda tangan dan stempel)


........................................................
NIP./NIK. ........................................

Tim Penyusun Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan
Penelitian Tindakan Kelas
(Classroom Action Research)



Penanggungjawab : Prof. Sukamto, M.Sc., Ph.D.
Direktur Ketenagaan, Ditjen Dikti

Ketua : Prof. Dewa Komang Tantra, M.Sc., Ph.D
IKIP Negeri Singaraja

Anggota : 1. Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D
Universitas Negeri Malang
2. Sumarno, M.A., Ph.D.
Universitas Negeri Yogyakarta
3. Dr. Kisyani-Laksono
Universitas Negeri Surabaya
4. Prof. Drs. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D.
Universitas Negeri Malang
5. Prof. Dr. Dian Armanto
Universitas Negeri Medan
6. Dra. Putu Kerti Nitiasih, MA
IKIP Negeri Singaraja
7. Drs. Abdurrahim Idris
Ditjen Dikti
8. Mulyono, S.H, M.M.
Ditjen Dikti
9. Drs. Suryadi Adji Busri
Ditjen Dikti

Staf Administrasi : Desi Dwi Purwati, S.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar