Rabu, 23 Juni 2010

DESKRIPSI MATAKULIAH JURUSAN SASTRA ARAB PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB


DESKRIPSI MATAKULIAH
JURUSAN SASTRA ARAB
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

MPK421 Pendidikan Agama Islam, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama Islam. Topik bahasannya meliputi alam kehidupan dan isinya, sifat dan kekuasaan Allah, kitabullah, Sunnah Rasul, pokok-pokok agama Islam, akhlakul karimah, syari’ah, ibadah, pembentukan tingkah laku menurut Islam, ibadah mu’amalah, pengelolaan disiplin ilmu, Islam dan ilmu pengetahuan, Islam dan kehidupan masyarakat.

MPK432 Pendidikan Pancasila, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila. Pokok bahasannya meliputi nilai, sikap, dan prilaku yang bersumber pada Pancasila, hakikat Pancasila, filsafat Pancasila, nilai-nilai Pancasila, Pendalaman P4, latihan menganalisis masalah kemasyarakatan berdasarkan pendekatan Pancasila, latihan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kasus-kasus kehidupan, sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Undang-undang Dasar 1945, Garis-garis Besar Haluan Negara.

MPK433 Pendidikan Kewarganegaraan, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami kewajiban dan haknya sebagai warga negara. Topik pembahasannya meliputi tata pemerintahan, kewajiban dan hak warga negara, kehidupan politik, ekonomi, budaya dan pertahanan nasional.

MKS401 Dasar-dasar Kebudayaan, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami kedudukan manusia sebagai pembentuk kebudayaan dan tahap-tahap perkembangannya. Topik bahasannya meliputi pengertian kebudayaan, perkembangan kebudayaan, manusia sebagai makhluk biososial-kultural; manusia, lingkungan dan kebudayaan, wujud kebudayaan dari berbagai sudut pandang, dan etos kebudayaan.

MKS402 Dasar-dasar Filsafat, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami konsep dasar filsafat dan mampu berpikir ilmiah. Topik bahasannya meliputi hakikat filsafat, pandangan-pandangan dalam filsafat, filsafat ilmu, logika, dan penalaran.

MKS403 Bahasa Indonesia Keilmuan, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa dapat memahami dan terampil menggunakan bahasa Indonesia baku dalam menulis karya ilmiah. Topik bahasannya meliputi konsep dasar karya ilmiah, bahasa Indonesia karya ilmiah, tata tulis karya ilmiah, perencanaan penulisan karya tulis ilmiah, penulisan karya ilmiah, dan penyuntingan karya ilmiah.

MKS404 Bahasa Inggris, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa mampu membaca dan memahami buku teks ilmiah berbahasa Inggris bidang bahasa dan sastra. Topik bahasannya meliputi kosakata, kalimat, paragraf, dan struktur wacana bahasa Inggris bidang bahasa dan sastra.

MKS406 Masyarakat dan Kesenian Indonesia, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami bentuk-bentuk ekspresi kesenian yang hidup dan berkembang dalam mayarakat Indonesia. Topik bahasannya meliputi perkembangan masyarakat Indonesia, jenis dan gaya kesenian masyarakat Indonesia, pengaruh perubahan masyarakat terhadap ekspresi kesenian, perubahan masyarakat dan pengaruhnya terhadap ekspresi kesenian, ekspresi kesenian masyarakat Indonesia berdasarkan tingkat sosial budaya dan letak geografisnya.

SAG401 Pengantar Linguistik, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami teori umum tentang bahasa dan studi kebahasaan sebagai dasar keterampilan melakukan kajian kebahasaan. Topik bahasannya meliputi: pengertian, karakteristik dan fungsi bahasa; pembidangan dalam kajian bahasa; aliran-aliran linguistik Arab dan linguistik Barat; sistematika telaah kebahasaan.

SAG402 Fonologi Bahasa Arab, 2sks, 2 js. Prasyarat: SAG401
Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar fonologi dan dapat menerapkannya dalam analisis fonologis bahasa, khususnya bahasa Arab. Topik bahasannya meliputi: (1) bahasa sebagai sistem bunyi, (2) dasar-dasar telaah bunyi bahasa, (3) alat ucap dan produksi bunyi, (4) fonetik dan fonemik, dan (5) problematika bunyi bahasa Arab.

SAG403 Morfosintaksis Bahasa Arab, 2 sks, 2 js. Prasyarat: SAG401
Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar tata kata dan tata kalimat BA serta dapat menerapkannya dalam analisis kajian kebahasaan, khususnya bahasa Arab. Topik bahasannya meliputi: kaidah pembentukan dan analisis kalimat BA; konsep morfem, morf, dan alomorf; akar, derivasi dan infleksi; hubungan sintagmatik dan paradigmatik; frase, klausa dan kalimat.

SAG404 Sharaf I, 2 sks, 3 js. Prasyarat: SAG417
Mahasiswa memahami tata kata dan kaidah pembentukan kata dalam BA, sebagai pendukung kemahiran berbahasa dan dasar keterampilan melakukan kajian kebahasaan. Topik bahasannya meliputi: taqsi:mul kalimat:t al-Arabiyyah, awza:nush sharfi, anwa:'ul af'a:l wal asma:' wal huru:f.

SAG405 Sharaf II, 2 sks, 3 js. Prasyarat: SAG404
Mahasiswa memahami tata kata dan kaidah pembentukan kata dalam BA sebagai pendukung kemahiran berbahasa dan dasar keterampilan melakukan kajian kebahasaan. Topik bahasannya meliputi: tashri:ful af'a:l wal asma:', at-tashghi:r wan nasab, al-I'la:l wal ibda:l, dan ma'a:ni: al-huruf.

SAG406 Nahwu I, 2 sks, 3 js. Prasyarat: SAG417
Mahasiswa memahami sistem kalimat, kaidah pembentukan kalimat, dan kaidah I'rab dalam BA sebagai pendukung kemahiran berbahasa dan dasar keterampilan melakukan kajian kebahasaan. Topik bahasannya meliputi: dasar-dasar telaah tata kalimat, jumlah ismiyah, jumlah fi'liyyah, I'rab dan bina:', macam-macam I'rab, mabniya:t min al-asma:' wal af'a:l, dan an-nawasikh.

SAG407 Nahwu II, 2 sks, 3 js. Prasyarat: SAG406
Mahasiswa memahami sistem kalimat, kaidah pembentukan kalimat, dan kaidah I'rab dalam BA sebagai pendukung kemahiran berbahasa dan dasar keterampilan melakukan kajian kebahasaan. Topik bahasannya meliputi: I'ra:b al-af'a:l, manshu:ba:t al asma:', taraki:b ghair isna:di, a'ma:l al-musytaqqa:t, dan bentuk-bentuk kalimat khusus.

SAG 408 Sejarah Sastra Arab, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami sejarah perkembangan kesusastraan Arab sejak masa awal pertumbuhannya sampai dengan masa baru, dengan topik-topik: periodisasi kesusastraan Arab yang meliputi periode pra-Islam, permulaan Islam, umawy, abbasy, masa kemunduran, masa kebangkitan dan masa baru; karakteristik kesusastraan setiap periode dan lingkungan yang mempengaruhinya; tokoh-tokoh sastrawan terkemuka setiap periode dan contoh-contoh karya mereka.

SAG 409 Telaah Puisi Arab, 2 sks, 2 js. Prasyarat: SAG 408
Mahasiswa terampil menelaah karya sastra Arab dalam bentuk puisi, baik dari segi bentuk (mabna) maupun isi (ma’na). Karya puisi yang ditelaah terutama dari masa kebangkitan dan masa baru.

SAG 410 Telaah Prosa Arab, 2 sks, 2 js. Prasyarat: SAG 408
Mahasiswa terampil menelaah karya sastra Arab dalam bentuk prosa, baik dari segi bentuk (mabna) maupun isi (ma’na). Karya prosa yang ditelaah meliputi cerita pendek, novel, dan artikel kesastraan.

SAG 411 Balaghah 1, 2 sks, 2 js. Prasyarat: SAG417
Mahasiswa memahami dan dapat menerapkan sistem retorika bahasa Arab, yang meliputi fashahah, balaghah, kalam khabar, kalam insya`, fashl, washl, dan qashr.

SAG 412, Balaghah 2, 2 sks, 2 js. Prasyarat: SAG 411
Mahasiswa memahami dan dapat menerapkan sistem retorika bahasa Arab, yang meliputi tasybih, isti’arah, majaz, kinayah, muhsinat lafzhiyah, dan muhsinat ma’nawiyah.

SAG 413, Geografi Dunia Arab dan Islam, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami peta geografi, politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan negara-negara Arab dan Islam, dan hubungannya dengan dunia internasional.

SAG 414, Sejarah Peradaban Arab dan Islam, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami konsep tentang peradaban Arab dan Islam; perkembangannya di Timur, di Barat, dan di Indonesia; dan sentuhannya dengan negara-negara barat dengan berbagai akibatnya.

SAG 415, Pemahaman Lintas Budaya, 2 sks, 2 js. Prasyarat: SAG413, SAG414
Mahasiswa memiliki wawasan tentang sistem nilai budaya Arab dan Islam dan hubungannya dengan sistem nilai budaya Indonesia, adat-istiadat dan tatakrama berbahasa Arab.

SAG416 DAM I , 12 sks 18 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memiliki keterampilan bahasa Arab dasar I yang meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Topik bahasannya meliputi: perkenalan, keluarga, hobi dan minat, kegiatan sehari-hari, lingkungan belajar, pengalaman dan kesan, peristiwa sosial dan keagamaan.

SAG417 DAM II , 12 sks 18 js. Prasyarat: SAG416
Mahasiswa memiliki keterampilan bahasa Arab dasar II yang meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Topik bahasannya meliputi: lingkungan akademis, piknik/rekreasi, komunikasi dan transportasi, hiburan dan pameran, pusat perbelanjaan, kesehatan.

SAG418 KHAT IMLA’, 2 sks 4 js. Prasyarat: SAG416
Mahasiswa mampu menulis Arab dengan benar, sesuai dengan kaidah imla dan khat. Topik bahasan terdiri atas: hamzatu-l-washl wa-l-qath’, hamzah di tengah kata dan di akhir kata, alif layyinah, penulisan huruf hijaiyah menggunakan khat naskhi, kaidah penulisan huruf yang memiliki keserupaan bentuk, menyambung huruf hijaiyah menggunakan khat naskhi, menulis teks berbahasa Arab menggunakan khat naskhi.

SAG419 Istima’ I, 2 sks 4 js. Prasyarat: SAG417
Mahasiswa mampu menyimak percakapan dan teks-teks berbahasa Arab sederhana dan memahami pesan tersurat atau tersirat yang dikandungnya. Topik bahasannya meliputi: keagamaan, kebahasaan, kesusasteraan, pendidikan, kebudayaan, politik, ekonomi, teknologi

SAG420 Istima’ II, 2 sks 4 js. Prasyarat: SAG419
Mahasiswa mampu menyimak penggunaan bahasa Arab yang alamiah dan otentik dari berita, dialog dalam film, pidato, dan wawancara. Topik bahasannya meliputi: keagamaan, kebahasaan, kesusasteraan, pendidikan, kebudayaan, politik, ekonomi, teknologi



SAG421 Kalam I, 2 sks 4 js. Prasyarat: SAG417
Mahasiswa terampil berbicara dengan orang lain, mengemukakan gagasan, dan menanggapi gagasan lawan bicara menggunakan bahasa Arab mengenai topik dan lingkungan yang dekat dengan dirinya. Topik bahasan terdiri atas: kegiatan di dalam kelas, keluarga dan teman, kegiatan sehari-hari, menu makanan, Rekreasi dan aktivitas waktu senggang.

SAG422 Kalam II, 2 sks 4 js. Prasyarat: SAG421
Mahasiswa terampil berbicara, mengemukakan gagasan, menanggapi gagasan lawan bicara menggunakan bahasa Arab mengenai topik dan lingkungan yang lebih luas. Topik bahasan terdiri atas: dunia pendidikan, perkembangan politik kontemporer, HAM, perkembangan ekonomi kontemporer, peristiwa sosial yang aktual, kebudayaan modern.

SAG423 Khatabah, 2 sks 4 js. Prasyarat: SAG422
Mahasiswa memahami dan mampu menerapkan berbagai konsep, fungsi dan aspek berpidato bahasa Arab. Topik bahasnnya meliputi: Pidato acara-acara resmi, acara tidak resmi, membawa acara.

SAG424 Qiro'ah I, 2 sks, 4 js. Prasyarat: SAG417
Mahasiswa terampil membaca tingkat menengah. Topik bahasan meliputi pemahaman detail, ide pokok, harfiah, inferensi dan pemahaman evaluatif.

SAG425 Qiro'ah II, 2 sks, 4 js. Prasyarat: SAG424
Mahasiswa terampil membaca tingkat pralanjut. Topik bahasan meliputi pemahaman detail, ide pokok, harfiah, inferensi dan pemahaman evaluatif.

SAG426 Qiro'ah Muwassa'ah I, 2 sks, 2 js. Prasyarat: SAG425
Mahasiswa terampil membaca berbagai teks bahasa Arab dalam bidang keagamaan baik klasik maupun kontemporer. Topik bahasan meliputi masalah akidah, syariah dan akhlak.

SAG427 Qiro'ah Muwassa'ah II, 2 sks, 2 js. Prasyarat: SAG426
Mahasiswa terampil membaca berbagai teks bahasa Arab kontemporer yang terdapat dalam surat kabar, majalah dan jurnal ilmiah. Topik bahasan meliputi masalah politik, ekonomi, sosial, budaya dan karya sastra.

SAG428 Kitabah I, 2 sks, 4 js. Prasyarat: SAG417
Mahasiswa memahami konsep, proses dan teknik menulis, serta terampil mengembangkan paragraf. Topik bahasan meliputi menulis paragraf dalam bentuk eksposisi sederhana, narasi, deskripsi, surat dan ucapan.

SAG429 Kitabah II, 2 sks, 4 js. Prasyarat: SAG428
Mahasiswa terampil menulis berbagai karangan jenis kreasi dan imajinasi dengan pemberian contoh-contoh, detail, perbandingan dan kontras, hubungan sebab akibat, dan klasifikasi.

SAG430 Kitabatul Maqalah, 2 sks, 2 js. Prasyarat: SAG429
Mahasiswa terampil menulis artikel dan makalah berbahasa Indonesia dan Arab. Topik bahasan meliputi perencanaan penulisan, teknik penulisan draf artikel dan makalah, format dan sistematika, dan praktek penulisan artikel dan makalah.

SAG431 Penerjemahan, 2 sks, 2 js. Prasyarat: SAG425
Mahasiswa memahami hakikat penerjemahan serta terampil menerjemahkan teks dari bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Topik bahasan meliputi kesepadanan bentuk dan makna serta latihan penerjemahan teks bahasa Arab sederhana.

SAG432 BA Dunia Usaha, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa dapat menggunakan bahasa Arab yang berkaitan dengan bidang dunia usaha. Pokok bahasannya meliputi BA untuk dokumen kerjasama, faktur transaksi, periklanan, surat menyurat, dan pembukuan.

SAG433 BA Media Massa, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa dapat memahami isi berita di media massa berbahasa Arab dan dapat menulis berita, features, dan opini berbahasa Arab. Topik bahasannya meliputi memahami; majalah, surat, dan media massa lainnya; karakteristik berita dan features, penulisan berita dan features.

SAG434 BA TKI dan Haji, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa menguasai bahasa Arab praktis untuk keperluan TKI di Timur Tengah dan calon jamaah haji. Pokok bahasannya meliputi bahasa Arab di rumah tangga, bahasa Arab untuk sopir, bahasa Arab di fasilitas umum, bahasa Arab untuk ritual haji dan do’a-do’a.

SAG435 BA untuk Anak, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami sistem pembelajaran bahasa Arab untuk anak-anak sesuai dengan tahap-tahap perkembangannya. Pokok bahasannya meliputi pemilihan materi, metode pembelajaran, media pembelajaran, permainan dan lagu, penilaian, dan psikologi anak.

SAG436 Kaligrafi, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa terampil menulis teks-teks Arab sesuai dengan kaidah-kaidah khat. Pokok bahasannya meliputi macam-macam khat Arab, kaidah penulisan khat, dan disain grafis kaligrafi.

SAG437 Komputer dan Internet, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa menguasai pengoperasian komputer berbasis program windows Arab dan internet. Topik bahasannya meliputi berbagai fungsi dan menu dalam program windows Arab, microsoft word, microsoft excel, microsof power point, browsing internet, dan emailing.

MDK401 Pengantar Pendidikan, 3 sks, 3 js Prasyarat:-
Mahasiswa memahami hakikat pendidikan. Topik bahasannya meliputi manusia dan perkembangannya, pengertian dan unsur-unsur pendidikan, landasan dan asas-asas pendidikan, serta penerapannya, masyarakat masa depan, lingkungan pendidikan, aliran-aliran pendidikan, permasalahan pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan nasional.

MDK402 Pengembangan Peserta Didik, 3 sks, 3 js Prasyarat:-
Mahasiswa dapat memahami hakikat peserta didik dalam pendidikan. Topik bahasannya meliputi karakteristik dan perbedaan individu peserta didik pada usia sekolah dasar dan menengah, perkembangan psikologi peserta didik, kebutuhan dan tugas-tugas peserta didik, penyesuaian diri peserta didik, dan problema pengembangan peserta didik dan pemecahannya.

MDK403 Belajar dan Pembelajaran, 4 sks, 4 js Prasyarat:-
Mahasiswa memahami belajar dan pembelajaran. Topik bahasannya meliputi hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip-prinsip belajar dan implikasinya, dasar-dasar pengembangan kurikulum, motivasi belajar, pendekatan pembelajaran, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran, dan problema belajar dan pemecahannya.

SAP438 Metodologi PBA, 3 sks 4 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami metode pembelajaran bahasa Arab dan dapat menggunakannya sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pokok bahasannya meliputi: pengertian, perkembangan metode pembelajaran bahasa, macam-macam metode, dan metode pembelajaran keterampilan berbahasa.

SAP439 Media PBA, 2 sks 2 js. Prasyarat: SAP438
Mahasiswa memahami media pembelajaran bahasa Arab dan terampil menggunakannya dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Pokok bahasannya meliputi: hakikat media, aspek-aspek media PBA, pembuatan (pengadaan) media dan penggunaannya dalam pembelajaran bahasa Arab, serta laboratorium bahasa.

SAP440 Evaluasi PBA, 2 sks 2 js. Prasyarat: SAP438
Mahasiswa memahami sistem penilaian bahasa Arab dan dapat menyusun alat penilaian bahasa Arab sesuai dengan presudur penilaian yang benar. Pokok bahasannya meliputi: hakikat penilaian, jenis, pendekatan, prosedur dan teknik penilaian, serta penyusunan alat penilaian bahasa Arab.

SAP441 Pengembangan Kurikulum dan Buku Teks, 3 sks 4 js. Prasyarat: SAP440
Mahasiswa memahami kurikulum dan buku teks bahasa Arab serta dapat mengembangkannya dalam proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah menengah. Pokok bahasannya meliputi: hakikat kurikulum dan buku teks, analisis isi kurikulum dan buku teks bahasa Arab, pengembangan isi kurikulum dan buku teks, model rancangan pembelajaran, dan penyusunan perencanaan (persiapan) pembelajaran bahasa Arab.

SAP442 Micro Teaching, 2 sks 2 js. Prasyarat: SAP441
Mahasiswa memahami keterampilan dasar mengajar dan dapat menerapkannya secara terpadu dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Pokok bahasannya meliputi: pengertian pengajaran mikro, aspek-aspek pengajaran mikro, penyusunan satuan acara dan format penilaian latihan, keterampilan dasar mengajar, dan keterampilan mengajar bahasa Arab secara terpadu.

SAP443 Metodologi Penelitian, 3 sks 4 js. Prasyarat: SAG430
Mahasiswa dapat menyusun rancangan penelitian bahasa/sastra Arab, penerjemahan, dan pembelajarannya, serta menyusun laporan penelitian. Topik bahasannya meliputi: hakikat penelitian, prosedur penelitian, isi dan sistematika laporan penelitian serta artikel penelitian.

PPL490 Praktik Pengalaman Lapangan, 4 sks.
Mahasiswa terampil mengajar dan mengelola pembelajaran bahasa Arab di sekolah menengah. Topik bahasannya meliputi perencanaan, kegiatan belajar-mengajar di kelas, penialaian, dan mengelola kegiatan administrasi akademik di sekolah.

SAP445 Kitabatau Bahtsil Ilmi (Skripsi), 6 sks. Prasyarat: SAP443
Mahaiswa dapat menyusun skripsi dan mempertahankannya di hadapan penguji, serta menulis artikel ilmiah dari hasil penelitian. Topik bahasannya kebahasaan Arab, kesastraan Arab, penerjemahan, dan pengajarannya.

SAP446 Teknik Penerjemahan, 2 sks 2 js. Prasyarat: SAG430
Mahasiswa memahami teori penerjemahan serta terampil menerjemahkan teks dari bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Topik bahasan meliputi pengertian, proses penerjemahan, dan metode penerjemahan.


SAG447 Gramatika dalam Penerjemahan, 2 sks 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa mendalami pola-pola struktur gramatika bahasa Arab, khususnya yang tidak mempunyai padanan langsung dalam bahasa Indoensia, dan mampu menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Topik bahasannya meliputi: kata, frase dan kalimat yang mampunyai padanan langsung; kata, frase dan kalimat yang tidak mempunyai padanan langsung; bentuk-bentuk khusus.

SAG448 Peristilahan dalam Penerjemahan, 2 sks 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami perihal gramatika dan penerjemahannya. Topik bahasannya meliputi konjungsi, preposisi, kata keterangan, kalimat aktif dan pasif, frase, klausa bahasa Arab dan bahasa Indonesia.

SAG449 Pendalaman Bahasa Indonesia, 2 sks 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa mempunyai kemampuan menulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai pendukung kemampuan mereka membuat karya terjemahan. Topik bahasannya meliputi: ejaan dan tanda baca, pemenggalan, transkripsi dan transliterasi, penulisan paragraf, dan daftar pustaka

SAG450 Latihan Penerjemahan, 2 sks 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa dapat menerjemahkan secara tertulis wacana ilmiah populer dan artikel ilmiah dari bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Topik bahasannya meliputi tema-tema politik, ekonomi, sosial-budaya, kebahasaan, pendidikan, dan lain-lain.

SAG451 Tugas Akhir Penerjemahan, 3 sks 3 js. Prasyarat: -
Mahasiswa dapat menerjemahkan buku-buku bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Topik bahasannya meliputi tema-tema politik, ekonomi, sosial-budaya, kebahasaan, pendidikan, dan lain-lain.

SAG452 Aqidah dan Akhlak, 3 sks 3js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami (1) pengertian tentang pendekatan teologis dalam memahami ajaran Islam dan hazanah pemikiran para filosof muslim; (2) konsep, kedudukan, dan urgensi akhlak dalam Islam, dan (3) penghayatan dan pengamalan akhlak. Topik bahasan meliputi (a) pengertian aqidah, (b) hakikat iman, (c) rukun iman, (d) pemikiran ilmu kalam, (e) konsep, sumber, dan ruang lingkup akhlak dalam Islam, (f) urgensi akhlaq dalam kehidupan, (g) penghayatan dan pengamalan akhlak dalam kehidupan.

SAG453 Fiqh dan Ushul Fiqh, 2 sks 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa kaidah-kaidah fiqhiyah, madzhab-madzhab fiqh, dan karakteristik masing-masing madzhab.

SAG454 Tafsir, 2 sks 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami berbagai pokok bahasan tentang Ulumul Qur’an dan menguasai tafsir beberapa ayat Al-Qur’an. Topik bahasan meliputi: pengertian Ulumul Qur’an, tafsir Al-Qur’an, asbabun nuzul, dan tafsir beberapa ayat tertentu.

SAG455 Hadits, 2 sks 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami berbagai pokok bahasan Ilmu Hadits dan menguasai sejumlah hadits dengan topik-topik tertentu. Topik bahasan meliputi: musthalah hadits, sejarah perkembangan Hadits, pembagian Hadits, takhrij al Hadits, kajian hadits, aliran inkarus sunnah, dan beberapa hadits dengan topik tertentu.

SAG456 Metode PA, 2 sks 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami berbagai metode PAI, relevansi, dan faktor-faktornya. Topik bahasan meliputi: (1) pengertian dan kedudukan metodik dalam dedaktik, (2) pengertian pendidikan dan pengajaran, (3) faktor-faktor pendidikan agama, (4) relevansi metode dan faktor-faktornya, (5) keanekaragaman metode dalam PAI dan cara memilihnya, (6) sistem modul untuk PAI, (7) permainan simulasi untuk PAI, (8) PPSI dalam PAI, (9) evaluasi PAI.

SAG457 Strategi Dakwah, 2 sks 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar da’wah, sebagai bekal tambahan yang menunjang pencapaian tujuan pendidikan di luar sekolah (pendidikan informal). Topik bahasan meliputi: (1) pengertian da’wah, (2) asas dan strategi da’wah, (3) hukum da’wah dan tujuannya, (4) juru da’wah, (5) materi da’wah, (6) sasaran da’wah, (7) metode da’wah, (8) media dan sarana da’wah, (9) planning da’wah, (10) evaluasi da’wah.

SAG458 Pendalaman Kaidah Khat, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memdalami teori dan teknik penulisan khat Arab dan dapat menerapkannya dalam membuat karya kaligrafi. Topik bahasannya meliputi: prinsip-prinsip belajar kaligrafi, pengenalan alat-alat tulis dan cara pemakaiannya, sikap tubuh ketika menulis, bentuk-bentuk garis dan titik, pengenalan bentuk dan ragam khat Arab, dan seni menghias huruf

SAG459 Khat Naskhi, 3 sks, 4 js. Prasyarat: -
Mahasiswa menguasai teori dan mampu menulis khat naskhi dengan baik dengan menggunakan berbagai macam alat tulis.Topik bahasannya meliputi: karakteristik khat naskhi, goresan pena dalam khat naskhi, huruf-huruf terpisah dan bersambung, contoh-contoh karya seni khat naskhi, tugas akhir

SAG460 Khat non-naskhi, 3 sks, 4 js. Prasyarat: Khath Naskhi
Mahasiswa menguasai teori dan mampu menulis tiga macam khat non-naskhi dengan baik dengan menggunakan berbagai macam alat tulis. Topik bahasannya meliputi: karakteristik khat riq'ie, tsuluts dan diwani; goresan pena dalam khat riq'ie, tsuluts dan diwani; huruf-huruf terpisah dan bersambung, contoh-contoh karya seni khat riq'ie, tsuluts dan diwani; latihan tugas akhir

SAG461 Desain dan Ragam Hias, 3 sks, 4 js. Prasyarat: -
Mahasiswa menguasai teori dan mampu membuat desain dan ragam hias kaligrafi dengan menggunakan berbagai macam bahan dan alat. Topik bahasannya meliputi: pengenalan bentuk dan bahan pembuatan desain, pengenalan bentuk dan ragam hias, teknik pengecatan manual dan air brush, teknik gergaji dan tempel, dan teknik ukir.

SAG462 Kewirausahaan, 2 sks, 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami teori kewirausahaan, dan mampu mengelola wirausaha, utamanya dalam produksi dan pemasaran karya seni kaligrafi. Topik bahasannya meliputi: pengenalan teori kewirausahaan, permodalan, pembukuan, pemasaran, public relation, dan magang wirausaha.

SAG463 Pembelajaran Baca-Tulis Huruf Arab, 2 sks 2 js. Prsyarat: -
Mahasiswa memahami metode pembelajaran baca-tulis huruf Arab dan dapat menerapkannya dalam proses belajar-mengajar. Pokok bahasannya meliuputi: metode membaca huruf Arab, metode menulis huruf Arab, analisis isi buku teks baca-tulis huruf Arab, dan latihan penggunaan metode baca-tulis huruf Arab.

SAG464 Strategi Pembelajaran ALA, 2 sks 2 js. Prasyarat: SAP438
Mahasiswa memahami berbagai strategi pembelajaran bahasa Arab untuk anak (ALA) dan dapat menerapkannya dalam proses belajar mengajar. Pokok bahasannya meliputi: Pengertian strategi, prinsip dasar pemilihan strategi pembelajaran ALA, ciri-ciri pembelajaran yang menyenangkan (QL dan CTL), berbagai strategi dalam pembelajaran ALA, dan latihan penggunaan strategi pembelajaran ALA (strategi komunikatif).

SAG465 Pemilihan Materi ALA, 2 sks 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami prinsip-prinsip pemilihan materi ALA dan dapat menyusun materi sesuai dengan perkembangan jiwa anak. Pokok bahasannya meliputi: karakteristik perkembangan bahasa anak, prinsip-prinsip penyusunan materi ALA, langkah-langkah penyusunan materi ALA, dan penyusunan materi ALA.

SAG466 Permainan dan Lagu untuk ALA, 2 sks 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami jenis permainan dan lagu, serta dapat menggunakannya dalam pembelajaran ALA. Pokok bahasannya meliputi: pengertian bermain dan lagu dalam pendidikan anak, manfaat permainan dan lagu untuk ALA, prinsip-prinsip penggunaan permainan dan lagu untuk ALA, jenis-jenis permainan dan lagu untuk ALA, penggunaan permainan dan lagu untuk ALA.

SAG467 Pengembangan Media ALA, 3 sks 4 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami media pembelajaran ALA dan dapat mengembangkan, serta menggunakannya dalam proses pembelajaran. Pokok bahasannya meliputi: hakikat media pembelajaran ALA, prinsip-prinsip pemilihan media, jenis-jenis media, pengembangan dan pengadaan media untuk ALA, serta penggunaanya.

SAG468 Psikologi Anak, 2 sks 2 js. Prasyarat: -
Mahasiswa memahami perkembangan jiwa anak beserta keunikannya masing-masing baik dari aspek kognitif, psikomorik maupun aspek afektif sebagai dasar dalam pembelajaran bahasa Arab. Pokok bahasannya meliputi: hakikat perkembangan anak, faktor penentu perkembangan anak, periodisasi perkembangan anak, dan masalah yang dihadapi anak serta pemecahannya.

KKN469 Kuliah Kerja Nyata, 4 sks – js Prasyarat:-
Mahasiswa terampil mengaplikasikan teori-teori yang telah diperoleh dalam perkuliahan di dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar