Kamis, 27 Mei 2010

PEDOMAN
PENYUSUNAN USULAN DAN LAPORAN

PENELITIAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LPTK
(PPKP)
(RESEARCH FOR INSTRUCTIONAL IMPROVEMENT)





Edisi 2006









DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
DIREKTORAT KETENAGAAN
2006


KATA PENGANTAR

Buku Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PPKP) ini merupakan penyempurnaan dari Edisi 2005 yang disusun berdasarkan masukan-masukan yang diperoleh dari hasil reviu/penilaian usulan penelitian untuk tahun 2005. Buku ini berisi panduan untuk menyusun usulan penelitian, kriteria seleksi, tatacara pengajuan usulan penelitian, pemantauan, penulisan laporan dan artikel hasil penelitian.
Buku ini ditujukan untuk dosen LPTK agar dapat menyusun usulan dan melakukan PPKP secara taat azas, sesuai dengan konsep dasar dan prosedur pelaksanaan, serta dapat menulis laporan/artikel hasil penelitian yang baik. Di samping itu, dengan terbitnya buku pedoman ini diharapkan para dosen LPTK dapat merencanakan suatu upaya peningkatan kualitas pembelajaran yang inisiatifnya berasal dari motivasi internal dosen itu sendiri (an effort to internally initiate endeavor for education quality improvement).
Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh anggota tim PPKP Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti beserta seluruh staf yang terlibat dan telah bekerja keras untuk dapat menerbitkan buku pedoman ini.
Semoga buku pedoman ini bermanfaat dan dapat digunakan sebagai tuntunan dalam mengajukan usulan dan melaporkan hasil PPKP.


Jakarta, April 2006
Direktur Ketenagaan




Prof. Sukamto, M.Sc., Ph.D.

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ……………………………………..........
B. Tujuan ……………………………………………...........
C. Manfaat …………………………………………….........
D. Bidang Kajian Penelitian …………………………..........
E. Jenis Penelitian...................................................................
F. Pengusul Penelitian ……………………………….…......
G. Jadwal Penelitian …………………………………...........
H. Biaya Penelitian ………………………………….…........
I. Perjanjian Penelitian ..........................................................

BAB II USULAN PENELITIAN
A. Kelengkapan dan Sistematika Usulan …………………...
B. Pengajuan Usulan ………………......….................……..

BAB III SELEKSI USULAN PENELITIAN
A. Seleksi Institusional ...........................................................
B. Seleksi Nasional .................................................................

1
2
2
2
3
4
5
5
6


7
12


14
14
BAB IV PEMANTAUAN PELAKSANAAN PENELITIAN
A. Pemantauan Institusional ...................................................
B. Pemantauan Nasional .........................................................

17
17
BAB V LAPORAN PENELITIAN
A. Kelengkapan dan Sistematika Laporan ..............................
B. Isi Komponen Laporan .......................................................
C. Tata Cara Pelaporan ...........................................................
D. Penulisan Artikel Hasil Penelitian .....................................

18
20
22
22



BAB VI PENUTUP
25
Lampiran-Lampiran :
Lampiran 1 : Format Sampul Usulan Penelitian............................
Lampiran 2 : Format Halaman Pengesahan Usulan Penelitian .....
Lampiran 3 : Format Surat Keterangan Ketua Lembaga
Penelitian..................................................................
Lampiran 4 : Format Surat Keterangan Dekan .............................
Lampiran 5 : Format Berita Acara Seleksi Intitusional Usulan
Penelitian...................................................................
Lampiran 6a : Format Evaluasi Administratif Pengusulan ............
Lampiran 6b : Format Evaluasi Administratif Usulan
Penelitian...................................................................
Lampiran 7 : Format Evaluasi Akademik Usulan Penelitian ........
Lampiran 8 : Format Sampul Laporan Penelitian .........................
Lampiran 9 : Format Halaman Pengesahan Laporan Penelitian ...
Lampiran 10 : Format Curriculum Vitae.........................................
Lampiran 11 : Contoh Berita Acara Serah Terima Laporan
Penelitian..................................................................
Lampiran 12 : Format Surat Pengantar Usulan PPKP dan PTK .....

26
27

28
29

30
31

32
34
37
38
39

40
42


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Peningkatan kualitas pendidikan di LPTK dapat ditempuh melalui berbagai cara, antara lain peningkatan bekal awal mahasiswa baru, peningkatan kompetensi dosen, peningkatan isi kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran dan penilaian hasil belajar mahasiswa, penyediaan bahan ajar yang memadai, dan penyediaan sarana belajar. Dari semua cara tersebut, peningkatan kualitas pembelajaran menduduki posisi yang sangat strategis. Pembelajaran yang berkualitas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Upaya meningkatkan kompetensi dosen untuk menyelesaikan masalah pembelajaran yang dihadapi saat menjalankan tugasnya dapat dilakukan melalui Penelitian untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PPKP). Penelitian ini sebelumnya dikenal dengan sebutan RII (Research for Instructional Improvement). Upaya tersebut, bila dilakukan secara berkesinambungan akan memberi dampak positif. Pertama, peningkatan kemampuan menyelesaikan masalah pembelajaran mencakup kualitas isi, efisiensi dan efektivitas pembelajaran, proses dan hasil belajar mahasiswa. Kedua, peningkatan kemampuan pembelajaran akan berdampak pada peningkatan kepribadian dan profesionalisme pendidik.
Peningkatan kualitas pembelajaran di LPTK merupakan tuntutan logis dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (Ipteks) yang sangat pesat. Perkembangan Ipteks mengisyaratkan penyesuaian dan peningkatan proses pembelajaran secara terus menerus. Di samping itu, perlu adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas lulusan dan keberadaan LPTK.
Penelitian di masa lalu cenderung menggunakan pendekatan yang lebih menekankan pada penelitian yang bersifat teoretik-akademik. Pendekatan tersebut secara langsung dirasakan kurang dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada dalam pembelajaran, baik di kelas maupun di laboratorium. Oleh karena itu perlu dikembangkan penelitian-penelitian yang bersifat realistik-pragmatik yang berangkat dari permasalahan di lapangan sebagai hasil refleksi dari pengalaman pembelajaran. Upaya peningkatan kualitas pembelajaran melalui penelitian yang bersifat realistis-pragmatis tersebut menuntut adanya inisiatif dan motivasi internal tenaga kependidikan. Dalam penelitian seperti ini, yang menjadi subjek penelitian adalah dosen (pengajar) dan peserta didik yang berada dalam satu kesatuan pendidikan. Dengan demikian, yang menjadi objek penelitian adalah interaksi antara pengajar dan peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut maka penelitian ini memerlukan kemitraan (kolaborasi) antar dosen dalam tim penelitian tersebut, baik dalam tataran konseptual maupun operasional.

B. Tujuan
Program penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di LPTK.

C. Manfaat
1. Menumbuhkembangkan sikap inovatif dan budaya meneliti para dosen, khususnya dalam mencari solusi terhadap permasalahan pembelajaran di LPTK dan mengembangkan pedagogi bidang studi.
2. Meningkatkan produktivitas publikasi ilmiah para dosen LPTK.
3. Meningkatkan kerjasama antar dosen dan dosen dengan mahasiswa dalam memecahkan masalah pembelajaran di LPTK.

D. Bidang Kajian Penelitian
1. Masalah pembelajaran, antara lain masalah pengelolaan kelas, prosedur pembelajaran, model pembelajaran, pendekatan dan metode mengajar yang inovatif dan spesifik sesuai dengan karakteristik bidang studinya (subject specific paedagogy), serta interaksi dalam pembelajaran untuk mengatasi masalah belajar mahasiswa seperti kesalahan-kesalahan belajar dan miskonsepsi.
2. Pengembangan bahan ajar seperti modul, computer assisted learning, dan alat bantu/media pembelajaran seperti pengembangan alat peraga dan multimedia.
3. Pemanfaatan sumber belajar, antara lain pemanfaatan perpustakaan baik cetak maupun elektronik, pemanfaatan internet, atau sumber belajar lain di luar kelas,
4. Evaluasi proses dan hasil belajar, antara lain evaluasi otentik termasuk penilaian portofolio, evaluasi diagnostik mahasiswa dengan tindakan pembelajarannya, serta pengembangan instrumen dan penggunaannya.

E. Jenis Penelitian
PPKP dapat dilaksanakan dengan jenis penelitian sebagai berikut:
1. Quasi Experimental Research yang memiliki karakteristik:
a Masalah yang ingin dipecahkan adalah masalah nyata dalam pembelajaran yang merisaukan dosen pengampu mata kuliah.
b Menggunakan subjek penelitian mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah yang diampu oleh peneliti.
c Mengendalikan hanya satu atau dua variabel, ditunjang oleh kerangka teoretik yang kuat, mempengaruhi kualitas pembelajaran atau mempengaruhi hasil belajar.
d Hipotesis yang dirumuskan berdasarkan kerangka atau landasan teoretik yang kuat.
e Memiliki rancangan penelitian yang jelas dan menghindari penelitian one shot treatment dan menjunjung tinggi reliabilitas hasil penelitian.

2. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang memiliki karakteristik:
a Masalah yang ingin dipecahkan adalah masalah nyata dalam pembelajaran nyata yang merisaukan dosen pengampu mata kuliah.
b Kolaborasi antara dosen dengan dosen atau antara dosen dengan mahasiswa untuk menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas dan melakukan perbaikan yang berkelanjutan.
c Motivasi untuk peningkatan pembelajaran mata kuliah tumbuh dari dalam diri dosen (intrinsic motivation).
d Objektivitas, validitas dan reliabilitas proses, data, dan hasil tetap dipertahankanselama penelitian berlangsung.
e Proses dan hasil pembelajaran didokumentasikan dan dilaporkan secara sistematik dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.
f Kerangka teori harus kuat untuk menunjang permasalahan dan pelaksanaan tindakan.

3. Penelitian Pengembangan (Development Research) yang memiliki karakteristik:
a Masalah yang ingin dipecahkan adalah masalah nyata dalam pembelajaran yang berkaitan dengan upaya inovatif atau penerapan teknologi dalam pembelajaran.
b Pengembangan model, pendekatan dan metode mengajar serta media belajar yang menunjang keefektivan pencapaian kompetensi mahasiswa.
c Proses pengembangan produk, validasi yang dilakukan melalui uji ahli, dan uji coba lapangan secara terbatas perlu dilakukan sehingga produk yang dihasilkan bermanfaat untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Proses pengembangan, validasi dan uji coba lapangan tersebut harus dideskripsikan secara jelas, sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.
d Proses pengembangan model, pendekatan, metode mengajar dan media pembelajaran perlu didokumentasikan secara rapi dan dilaporkan secara sistematik sesuai dengan kaidah penulisan yang berlaku sehingga keoriginalitasnya dapat diketahui.

F. Pengusul Penelitian
Dosen LPTK baik negeri maupun swasta dari semua program studi pendidikan yang memenuhi persyaratan di bawah ini, dapat mengajukan usulan penelitian.
Persyaratan pengusul penelitian:
1. Ketua peneliti tidak sedang terikat perjanjian penelitian di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, yang dinyatakan dengan surat keterangan Ketua Lembaga Penelitian (Lampiran 3).
2. Ketua dan anggota peneliti tidak sedang mengikuti pendidikan S2 atau S3 yang dinyatakan dengan surat keterangan Dekan (Lampiran 4).
3. Ketua peneliti adalah dosen pengampu mata kuliah yang akan diteliti (Lampiran 2).
Dalam satu tahun anggaran, ketua peneliti tidak diperkenankan menjabat rangkap, sebagai ketua peneliti maupun anggota dalam usulan PPKP lain dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

G. Jadwal Penelitian
PPKP dirancang selama 8 (delapan) bulan dan dapat dilaksanakan pada semester gasal atau semester genap.
1. PPKP yang dilakukan pada semester gasal, persiapan penelitian dilaksanakan bulan April sampai dengan Agustus (selama lima bulan) dan pelaksanaan tindakan penelitiannya bulan September dan Oktober (permulaan kuliah semester gasal). Laporan penelitian harus sudah diterima Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti paling lambat tanggal 30 November.
2. PPKP yang dilakukan pada semester genap, persiapan penelitian dilaksanakan bulan Januari dan pelaksanaan tindakan penelitiannya bulan Februari sampai dengan Mei. Laporan penelitian harus sudah diterima di Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti paling lambat tanggal 31 Agustus.
3. PPKP tidak boleh dilakukan pada semester pendek. Apabila PPKP dilaksanakan pada semester pendek, kontrak penelitian dibatalkan dan dana yang sudah diterima harus dikembalikan ke kas negara dan bukti setorannya dikirim ke Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti.

H. Biaya Penelitian
Besarnya biaya maksimal untuk setiap usulan penelitian akan ditetapkan oleh Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti. Rincian penggunaan biaya penelitian adalah sebagai berikut.
1. Honorarium ketua dan anggota peneliti maksimal 30% dari total biaya usulan.
2. Biaya operasional kegiatan penelitian sesuai dengan kebutuhan.
3. Bahan habis pakai yang tidak termasuk dalam kelompok pengeluaran lain-lain, yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian perlu dirinci sesuai dengan kebutuhan.
4. Pengeluaran lain-lain (maksimal 10%) antara lain digunakan untuk: pembuatan laporan, fotokopi, dan pembelian alat tulis menulis.
5. Biaya manajemen (maksimal 10%) untuk seleksi usulan, pemantauan institusional, pemberkasan, pengiriman usulan dan laporan.

Satuan biaya dan pengadministrasiannya perlu disesuaikan dengan peraturan yang berlaku. Biaya hibah penelitian tidak dapat digunakan untuk:
- biaya perjalanan ke kampus (transport lokal)
- honorarium rapat antara ketua peneliti dan anggota peneliti atau tim peneliti dengan pejabat dalam lingkungan LPTK yang bersangkutan
- pembelian barang inventaris

I. Perjanjian Penelitian dan Pencairan Dana
Ketua Lembaga Penelitian dan Direktur Ketenagaan, Ditjen Dikti harus menandatangani Surat Perjanjian Penelitian dan dokumen pencairan dana. Perjanjian Penelitian bersifat mengikat. Ketua Lembaga Penelitian harus mencermati setiap pasal dalam Surat Perjanjian Penelitian sebelum menandatanganinya.

Dana akan diberikan dalam dua tahap:
Tahap I diberikan sebesar 70% dari nilai perjanjian, setelah penandatanganan dokumen pencairan dana. Dokumen pencairan dana terdiri atas Surat Perjanjian Penelitian, Surat Perintah Kerja, dan kuitansi senilai 70% dari nilai perjanjian.

Tahap II diberikan sebesar 30% dari nilai perjanjian, setelah Ketua Lembaga Penelitian menyerahkan laporan sebanyak 2 eksemplar untuk setiap judul penelitian dan berita acara serah terima laporan penelitian (Lampiran 12) dalam batas waktu yang telah ditentukan (lihat Bab I bagian F), dan menandatangani kuitansi senilai 30% dari nilai perjanjian.
Dalam penandatanganan Dokumen Pencairan Dana, Ketua Lembaga Penelitian harus membawa meterai Rp. 6.000,00 sebanyak 10 buah dan membawa stempel lembaga.





BAB II
USULAN PENELITIAN

A. Kelengkapan dan Sistematika Usulan
Usulan penelitian disusun dengan kelengkapan dan sistematika sebagai berikut.

Sampul Usulan Penelitian
Halaman Pengesahan Usulan Penelitian
A. Judul Penelitian
B. Bidang Ilmu
C. Bidang Kajian
D. Latar Belakang Penelitian
E. Rumusan Masalah
F. Tujuan Penelitian
G. Manfaat Penelitian
H. Kajian Pustaka
I. Metodologi Penelitian
J. Jadwal Penelitian
K. Personalia Penelitian
L. Biaya Penelitian
M. Daftar Pustaka
LAMPIRAN

Deskripsi dari tiap-tiap komponen di atas dapat dilihat sebagai berikut.

Sampul Usulan Penelitian
Sampul usulan penelitian harus berwarna kuning dengan ukuran A4. Format sampul usulan hendaknya sesuai dengan (Lampiran 1).

Halaman Pengesahan Usulan Penelitian
Halaman pengesahan memuat judul penelitian, bidang ilmu dan kajian penelitian, identitas ketua peneliti, nama anggota peneliti, waktu penelitian, biaya penelitian, diketahui Dekan dan disetujui Ketua Lembaga Penelitian. Format halaman pengesahan harus sesuai dengan (Lampiran 2).
Judul Penelitian
Judul penelitian harus ditulis secara singkat, spesifik, dan jelas serta menggambarkan masalah yang akan diteliti dan tindakan penelitian yang dipilih untuk menyelesaikan/ memecahkan masalah. Judul penelitian ditulis maksimal sebanyak 15 kata.

Bidang Ilmu
Bidang ilmu adalah program studi pendidikan yang merupakan keahlian dari ketua peneliti.

Bidang Kajian
Bidang kajian adalah bidang yang diteliti sesuai dengan yang tertera pada Bab I bagian D.

Latar Belakang Penelitian
Uraian secara jelas tentang pentingnya masalah yang diteliti. Masalah yang dikemukakan merupakan refleksi dari pengalaman nyata yang terjadi dalam pembelajaran mata kuliah yang diampu yang antara lain dapat ditandai dengan rendahnya hasil belajar mahasiswa. Selanjutnya dikemukakan analisis dan deskripsi penyebab masalahnya serta pemecahan yang mungkin akan digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jadi masalah yang akan diteliti bukan dihasilkan dari kajian akademik (teoritik) atau dari hasil penelitian terdahulu, tapi dari masalah nyata pembelajaran di kelas/laboratorium. Masalah yang akan diteliti merupakan masalah penting dan mendesak untuk dipecahkan, serta dapat dilaksanakan, dilihat dari segi ketersediaan waktu, biaya, dan daya dukung lainnya.

Rumusan Masalah
Rumusan masalah penelitian harus spesifik dan operasional. Dalam bagian rumusan masalah ini dilengkapi dengan definisi operasional dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Rumusan masalah (meskipun tidak ada keharusan) dapat ditulis dalam bentuk kalimat tanya yang akan dicari jawabannya melalui tindakan yang akan dilakukan. Permasalahan yang diajukan harus berdampak langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran.
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian harus spesifik dan tetap berdasarkan permasalahan yang dikemukakan.

Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian adalah kontribusi hasil penelitian terhadap peningkatan kualitas pembelajaran yang dapat dirasakan baik oleh mahasiswa, dosen, maupun program studi yang bersangkutan.

Kajian Pustaka
Kajian pustaka mencakup kajian teori dan temuan hasil penelitian yang relevan sebagai acuan dan landasan untuk menunjukkan ketepatan tentang tindakan yang akan dilakukan dalam mengatasi permasalahan penelitian. Kajian teori tersebut berkaitan dengan substansi mata kuliah dan tindakan yang akan dilaksanakan. Kajian tersebut digunakan untuk menyusun kerangka berpikir tindakan penelitian.

Metodologi Penelitian
Prosedur penelitian diuraikan secara rinci sesuai dengan metode penelitian yang dipilih. Metode penelitian dapat berupa kuasi eksperimen, penelitian tindakan kelas dan penelitian pengembangan. Khusus untuk penelitian tindakan kelas rancangan penelitian perlu dirinci sesuai dengan kaidah penelitian tindakan, yaitu dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi, yang bersifat siklus. Kriteria keberhasilan yang ingin dicapai dalam siklus pertama perlu ditunjukan dengan jelas dan apabila kriteria tersebut belum tercapai pada siklus pertama, maka dilakukan siklus berikutnya dengan kriteria keberhasilan yang sama sampai terlihat indikasi ketercapaian kriteria tersebut. Demikian juga untuk metode penelitian yang lainnya (kuasi eksperimen dan penelitian pengembangan), kriteria keberhasilan harus jelas. Apabila kriteria tersebut belum tercapai maka perlu dilakukan analisis dan pemaknaan terhadap hasil analisis tersebut untuk dilakukan pengulangan dengan beberapa perubahan sampai terlihat indikasi ketercapaian kriteria tersebut. Dalam metode penelitian dikemukakan pula subyek, obyek, waktu dan lokasi penelitian secara jelas.
Jadwal Penelitian
Jadwal pelaksanaan PPKP meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan, analisis, dan penyusunan laporan hasil penelitian yang dinyatakan dalam bentuk tabel. Jadwal kegiatan penelitian disusun selama 8 bulan. Nama bulan harus ditulis dengan jelas pada tabel jadwal penelitian, tidak dengan angka.
a. PPKP yang dilakukan pada semester ganjil, persiapan penelitian dilaksanakan bulan April sampai dengan Agustus (selama lima bulan) dan pelaksanaan tindakan penelitiannya bulan September dan Oktober (permulaan kuliah semester ganjil). Laporan penelitian harus sudah diterima Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti paling lambat tanggal 30 November.
b. PPKP yang dilakukan pada semester genap, persiapan penelitian dilaksanakan bulan Januari dan pelaksanaan tindakan penelitiannya bulan Februari sampai dengan Mei. Laporan penelitian harus sudah diterima Direktorat Ketenagaan, paling lambat tanggal 15 Agustus.
c. PPKP tidak diperkenankan dilakukan pada semester pendek. Apabila PPKP dilaksanakan pada semester pendek, kontrak penelitian dibatalkan dan dana yang sudah diterima harus dikembalikan ke Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti.

Personalia Penelitian
PPKP ini bersifat kolaboratif, sehingga pada setiap personalia harus tergambar peranan dan intensitasnya masing-masing dalam setiap komponen kegiatan penelitian (perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan dan analisis data, serta pembuatan laporan kemajuan dan laporan akhir penelitian) yang dilakukan. Uraian peran dan jumlah waktu yang disediakan oleh ketua dan anggota peneliti dalam setiap komponen kegiatan penelitian harus tertulis secara jelas. Data lengkap ketua dan anggota peneliti ditampilkan dalam Curriculum Vitae (lampiran 11).
Jumlah personalia penelitian adalah 2 (dua) atau 3 (tiga) orang, terdiri atas: 1 (satu) orang Ketua Peneliti dan 1 (satu) atau 2 (dua) orang anggota peneliti. Nama peneliti, baik sebagai ketua maupun anggota hanya diperkenankan tercantum pada satu usulan PPKP dalam satu tahun anggaran.

Biaya Penelitian
Besarnya biaya penelitian dan alokasi penggunaannya sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada Bab I bagian H.

Daftar Pustaka
Daftar pustaka dapat bersumber pada buku, jurnal, majalah dan internet. Daftar pustaka ditulis menurut tata cara sebagai berikut.

1. Buku
Nama pengarang. (tahun terbit). judul buku (cetak miring). edisi buku. kota penerbit: nama penerbit. (model American Psychology Association – APA edisi kelima).

Contoh:
Wiersma, W. (1995). Research Methods in Education: An Introduction. Boston: Allyn and Bacon.

2. Artikel/Bab dalam suatu buku
Nama pengarang. (tahun terbit). judul artikel. In/dalam nama editor (Ed.). judul buku (cetak miring). Edisi. nama penerbit, kota penerbit, halaman

Contoh:
Schoenfeld, A.H., (1993). On Mathematics as Sense Making: An Informal Attack on the Unfortunate Divorce of Formal and Informal Mathematics, in J.F. Voss., D.N. Perkins & J.W. Segal (Eds.). Informal Reasoning and Education. Hillsdale. NJ: Erlbaum, pp. 311-344.

3. Artikel dari Jurnal
Nama pengarang, tahun, judul artikel, nama jurnal (cetak miring), volum jurnal, halaman.

Contoh:
Mikusa, M.G. & Lewellen, H., (1999). Now Here Is That, Authority on Mathematics Reforms, The Mathematics Teacher, 92: 158-163.

4. Majalah
Nama pengarang, tahun, judul artikel, nama majalah (cetak miring) volume terbitan, nomor terbitan, halaman.

Contoh:
Ross, D., (2001). The Math Wars, Navigator, Vol 4, Number 5, pp. 20-25.

5. Internet
Nama pengarang, tahun, judul (cetak miring), alamat website, tanggal akses.

Contoh:
Wu, H.H., (2002). Basic Skills versus Conceptual Understanding: A Bogus Dichotomy in Mathematics Education. Tersedia pada http://www.aft.org/publications. Diakses pada tanggal 11 Februari 2006.


Lampiran-lampiran
Lampiran 1: Curriculum Vitae Ketua dan Anggota peneliti
Lampiran 2: Struktur Kurikulum Program Studi yang berisikan mata kuliah, semester dan jumlah SKS.
Lampiran 3: Silabus mata kuliah.
Lampiran 4: Kalender akademik
Lampiran 5: Surat Keterangan Ketua Lembaga Penelitian
Lampiran 6: Surat Keterangan Dekan


B. Pengajuan Usulan

a. Usulan PPKP diajukan oleh peneliti melalui Lembaga Penelitian dari Perguruan Tinggi peneliti. Usulan penelitian harus diketahui oleh Dekan Fakultas dari peneliti yang bersangkutan disertai dengan surat keterangan Dekan bahwa ketua peneliti tidak sedang mengikuti pendidikan S2 atau S3 (lampiran 4)
b. Banyaknya usulan PPKP yang diajukan oleh masing-masing LPTK harus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti. Oleh karena itu, setiap Lembaga Penelitian wajib menyeleksi/mereviu usulan PPKP sebelum diusulkan ke Ditjen Dikti.
c. Pengajuan usulan PPKP oleh Lembaga Penelitian perlu disertai dengan surat pengantar (Lampiran 12) yang ditandatangani oleh ketua lemlit/pejabat yang berwenang dan dilampiri dengan berita acara seleksi usulan penelitian (Lampiran 5).


Dalam surat pengantar tersebut perlu dicantumkan nomor telepon, alamat e-mail, nama serta alamat Bank, Nomor Rekening atas nama Lembaga Penelitian (bukan atas nama pribadi atau perorangan) dan NPWP untuk mentransfer biaya penelitian. Penulisan nomor rekening dan alamat bank seperti contoh di bawah ini.

Contoh :
Nama Pemegang Rekening : Lembaga Penelitian IKIP Singaraja
Nomor Rekening : 145-00-0211XXX-X
Nama Bank : Bank Mandiri Cab. Singaraja
Alamat Bank : Jl. Achmad Yani Singaraja, Bali
NPWP : 00.215.123.1-XXX.XXX


d. Setiap usulan PPKP dibuat rangkap 2 (dua) dengan kertas HVS ukuran A4 dan ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 point. Kulit muka usulan berwarna kuning dan dikirimkan ke Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti.

e. Usulan PPKP harus sudah diterima di Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti, Wisma Aldiron, Jalan Gatot Subroto Kav. 72 Jakarta 12780, Telp (021) 79199071, 79188077, Fax (021) 79188072, paling lambat tanggal 1 Agustus 2006 pukul 17.00 WIB.

BAB III
SELEKSI USULAN PENELITIAN

Usulan penelitian akan diseleksi secara institusional dan nasional sebagai berikut.

A. Seleksi Institusional
Semua usulan penelitian yang diterima dari dosen wajib diseleksi secara institusional oleh Lembaga Penelitian. Apabila jumlah usulan yang diterima kurang dari jumlah maksimal yang ditentukan Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti, Lembaga Penelitian tetap diwajibkan untuk melakukan seleksi atau reviu untuk perbaikan usulan sebelum usulan tersebut dikirim ke Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti. Hasil seleksi/reviu harus dituangkan dalam berita acara seleksi institusional sesuai dengan Lampiran 5. Berita acara ini kemudian dilampirkan pada surat pengantar pengiriman usulan (Lampiran 12).

B. Seleksi Nasional
Usulan penelitian akan diseleksi oleh Tim Pakar dari perguruan tinggi atau institusi yang ditunjuk oleh Ditjen Dikti. Seleksi usulan akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu seleksi administratif dan seleksi akademik.

1. Seleksi Administratif
Aspek administratif yang dinilai meliputi hal-hal sebagai berikut:
a. Ketepatan waktu penerimaan usulan (usulan sudah harus diterima di Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti, Wisma Aldiron, Jalan Gatot Subroto Kav. 72 Jakarta 12780 pada tanggal 1 Agustus 2006 pukul 17.00 WIB).
b. Jumlah usulan tidak melebihi jumlah maksimal yang ditentukan oleh Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti.
c. Pengiriman usulan ke Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti disertai surat pengantar resmi dari Lembaga Penelitian/pejabat yang berwenang (Lampiran 12).
d. Surat pengantar perlu dilampiri berita acara seleksi/reviu institusional usulan penelitian (Lampiran 5).
e. Jumlah eksemplar setiap judul usulan penelitian tidak kurang dari 2 eksemplar.
f. Perwajahan (warna sampul kuning, ukuran kertas A4, huruf Times New Roman, fonts 12, jarak spasi 1,5).
g. Halaman Pengesahan sesuai dengan format (Lampiran 2) dan ditandatangani Ketua Peneliti, Dekan, dan Ketua Lembaga Penelitian. Pada Halaman Pengesahan harus ada stempel Fakultas dan Lembaga Penelitian.
h. Jumlah Peneliti minimal 2 orang, terdiri dari seorang ketua dan seorang anggota peneliti.
i. Besarnya dana penelitian tidak melebihi dari biaya penelitian tiap usulan yang ditetapkan oleh Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti dan rincian penggunaannya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam pedoman (Bab I bagian H).
j. Waktu penelitian dan penulisan jadwal waktu penelitian sesuai ketentuan dalam pedoman (Bab I bagian G).
k. Kelengkapan Lampiran (Curriculum Vitae Ketua dan semua anggota peneliti, Surat keterangan Ketua Lemlit dan Dekan, kalender akademik, struktur kurikulum, silabus; lihat Bab II bagian A-16).
l. Bidang Ilmu dan bidang kajian (lihat Bab I bagian D dan Bab II bagian A).
Hanya usulan yang lolos seleksi administratif akan diseleksi pada tahap seleksi akademik.

2. Seleksi Akademik
Aspek akademik yang dinilai meliputi hal-hal sebagai berikut (Lampiran 7):
a Judul Penelitian
b Latar Belakang
c Rumusan Masalah
d Tujuan dan Manfaat
e Kajian Pustaka
f Desain dan Metodologi
g Jadwal, Personalia, dan Daftar Pustaka

3. Pengumuman Hasil Seleksi Nasional
Hasil seleksi nasional akan diumumkan pada bulan Desember melalui internet dengan alamat: http://www.dikti.org


BAB IV
PEMANTAUAN PELAKSANAAN PENELITIAN


A. Pemantauan Institusional
Lembaga Penelitian perguruan tinggi yang memperoleh hibah penelitian diharapkan melakukan pemantauan institusional terhadap proses pelaksanaan penelitian. Pemantauan institusional oleh Lembaga Penelitian diharapkan dilakukan dalam bentuk seminar desain operasional penelitian dan seminar draf laporan hasil penelitian. Seminar desain operasional dilaksanakan pada awal penelitian, sedangkan seminar draf hasil penelitian dilaksanakan sebelum batas waktu penyerahan laporan ke Ditjen Dikti (lihat Bab I bagian G dan Bab II bagian A). Seminar itu dilaksanakan untuk memberi masukan (minimal oleh dua orang pembahas yang ditunjuk Lembaga Penelitian) guna perbaikan rencana pelaksanaan penelitian dan laporan penelitian.
Selain melaksanakan kedua seminar di atas, Lembaga Penelitian diharapkan juga melakukan pemantauan secara langsung dan/atau tidak langsung.

B. Pemantauan Nasional
Pemantauan PPKP tingkat nasional akan dilakukan oleh Tim yang ditunjuk oleh Ditjen Dikti. Penelitian yang dilaksanakan pada semester ganjil akan dipantau pada bulan Oktober, sedangkan penelitian yang dilaksanakan pada semester genap akan dipantau pada bulan Mei. Pelaksanaan pemantauan dikoordinasi oleh Lembaga Penelitian masing-masing LPTK sebagai penanggung jawab perjanjian penelitian. Kegiatan pemantauan meliputi presentasi peneliti pada pleno, diskusi, wawancara, dan kunjungan lapangan. Pada saat presentasi peneliti menyajikan laporan kemajuan dan kendala pelaksanaan PPKP.
Pada saat pemantauan, peneliti wajib menyerahkan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dan/atau Rencana Perkuliahan (RP) kepada pemantau.


BAB V
LAPORAN PENELITIAN

A. Kelengkapan dan Sistematika Laporan
Laporan penelitian disusun dengan kelengkapan dan sistematika sebagai berikut.

SAMPUL
HALAMAN PENGESAHAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (KALAU ADA)
DAFTAR GAMBAR (KALAU ADA)
DAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah dan Pemecahannya
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori
B. Temuan Hasil Penelitian yang Relevan
C. Kerangka Pikir

BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Rancangan Penelitian
B. Lokasi dan Waktu Penelitian
C. Subjek Penelitian
D. Prosedur Penelitian
E. Instrumen Penelitian
F. Analisis Data



BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
B. Pembahasan

BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN
1. Instrumen Penelitian
2. Curriculum Vitae tenaga peneliti
3. Data Penelitian dan Pengolahannya
4. Artikel Penelitian




B. Isi Komponen-komponen Laporan

SAMPUL
Sampul laporan dibuat sesuai dengan format dalam Lampiran 8.

HALAMAN PENGESAHAN
Halaman pengesahan dibuat sesuai dengan format dalam Lampiran 9.

ABSTRAK
Abstrak berisi uraian singkat tentang permasalahan, tujuan, metodologi penelitian dan temuan penelitian, dengan jumlah kata tidak lebih dari 200.

KATA PENGANTAR
Kata pengantar berisikan ungkapan yang disampaikan oleh peneliti sehubungan dengan pelaksanaan penelitian peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil yang dicapai. Dalam bagian ini berisi juga ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan penelitian.

DAFTAR ISI
Daftar isi memuat bagian awal laporan, bab dan subbab, dan bagian akhir laporan serta nomor halamannya.

DAFTAR TABEL
Daftar tabel berisikan nomor dan judul semua tabel yang ada dalam laporan serta nomor halamannya.

DAFTAR GAMBAR
Daftar gambar (jika ada) berisikan nomor dan judul grafik, gambar, skema, atau foto serta nomor halamannya. Grafik, gambar, skema, atau foto yang dimaksud adalah yang dibuat selama proses penelitian berlangsung dan berguna antara lain untuk menggambarkan situasi kelas/laboratorium atau ekspresi seorang peserta didik yang dapat memperkuat uraian dalam komponen penemuan.

DAFTAR LAMPIRAN
Daftar lampiran berisikan nomor dan judul semua lampiran serta nomor halamannya.

BAB I PENDAHULUAN
Pendahuluan berisi latar belakang, identifikasi masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat hasil penelitian.

BAB II KAJIAN PUSTAKA
Kajian pustaka memuat uraian tentang teori yang terkait dengan masalah dan aspek-aspek yang diteliti yang mendasari perumusan hipotesis (bila ada) serta prosedur penelitian yang dilakukan. Uraian teori ini merupakan upaya peneliti membangun argumen teoretik bahwa tindakan atau ”treatment” yang dipilih memungkinkan terjadinya peningkatan kualitas pembelajaran. Kajian pustaka ini tidak dimaksudkan untuk membangun teori, tetapi untuk menemukan cara yang tepat untuk memecahkan masalah penelitian.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi penelitian mencakup: rancangan penelitian, subjek penelitian, prosedur penelitian, instrumen, dan analisis/pengolahan data.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Hasil penelitian berisi uraian tentang temuan penelitian, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif yang didukung dengan tabel, grafik, gambar, skema, atau foto.Temuan penelitian harus berkaitan dengan masalah penelitian dan merupakan dasar untuk mengambil simpulan dan membuat saran.

BAB V SIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisikan deskripsi simpulan yang langsung berkaitan dengan masalah dan temuan (Simpulan merupakan jawaban singkat terhadap permasalahan yang diteliti). Demikian pula saran harus mengacu pada masalah, hasil, dan simpulan.

DAFTAR PUSTAKA
Bagian ini berisikan semua sumber pustaka yang digunakan dan diacu dalam laporan penelitian. Daftar pustaka ditulis sesuai dengan format yang tercantum dalam Bab II bagian A butir 15, dan diurutkan secara alfabetis nama pengarangnya.

LAMPIRAN
Lampiran memuat instrumen penelitian, curriculum vitae tenaga peneliti, data penelitian dan pengolahannya, serta artikel penelitian.

C. Tata Cara Pelaporan
Laporan harus ditandatangani oleh ketua peneliti, diketahui oleh Dekan, dan disetujui oleh Ketua Lembaga Penelitian. Laporan diserahkan kepada Lembaga Penelitian, kemudian oleh Lembaga Penelitian diserahkan kepada Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti sebanyak dua eksemplar hardcopy dan satu softcopy dalam bentuk CD, untuk setiap judul penelitian. Penyerahan laporan harus disertai Berita Acara Serah Terima Laporan Penelitian (Lampiran 12). Laporan harus sudah diterima oleh Direktorat Ketenagaan, Ditjen Dikti sebelum batas waktu yang telah ditentukan (lihat Bab I bagian G). Laporan harus ditulis 1,5 spasi pada kertas A4 dengan huruf Times New Roman ukuran 12 point.

D. Penulisan Artikel Hasil Penelitian
Hasil penelitian peningkatan kualitas pembelajaran yang ditulis dalam bentuk artikel merupakan karya ilmiah yang dimaksudkan untuk diterbitkan dalam jurnal penelitian. Karya ilmiah yang merupakan laporan penelitian memiliki kelebihan dibandingkan dengan laporan yang ditulis dalam bentuk laporan teknis resmi. Laporan penelitian teknis resmi ditulis secara lengkap sehingga laporannya tebal dan direproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas. Oleh karena itu, laporan penelitian hanya dibaca oleh kalangan terbatas. Sebaliknya hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk artikel dan dimuat dalam jurnal akan dibaca oleh lebih banyak orang. Dengan kata lain, hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk artikel dan dimuat dalam jurnal akan memberikan dampak akademik yang lebih luas.
Penulisan artikel untuk dimuat dalam jurnal menggunakan sistematika tanpa angka maupun abjad. Artikel ditulis dengan urutan sebagai berikut.

Judul Artikel
Judul artikel penelitian ditulis secara informatif, memuat kata-kata kunci yang menggambarkan upaya perbaikan atau peningkatan kualitas pembelajaran.

Nama Penulis
Nama penulis dicantumkan tanpa disertai gelar akademik. Nama dengan gelar akademik lengkap dituliskan pada catatan kaki di halaman pertama.

Abstrak
Abstrak ditulis dalam satu paragraf, panjangnya tidak lebih dari 200 kata diketik dengan spasi tunggal dan format lebih sempit dari teks utama. Abstrak berisi uraian singkat tentang permasalahan, tujuan, metodologi penelitian dan temuan penelitian.

Pendahuluan
Pendahuluan tidak harus diberi judul, ditulis langsung setelah abstrak. Bagian ini menyajikan secara singkat rasional penelitian, masalah dan tindakan pemecahan masalah, serta tujuan penelitian. Pada bagian ini dicantumkan landasan teori secara ringkas yang langsung menangani masalah yang diteliti, disertai rujukan pustaka yang terjamin otoritas penulisnya.

Metode Penelitian
Dalam bagian ini disebutkan: rancangan penelitian, subjek dan objek penelitian, instrumen, analisis/pengolahan data. Uraian disajikan secara singkat dalam beberapa paragraf.

Hasil dan Pembahasannya
Bagian ini merupakan bagian yang paling penting dalam artikel, yang menyajikan hasil penelitian dan pembahasannya. Uraian berisi temuan penelitian dan penjelasannya, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif, didukung dengan tabel, grafik, gambar, skema, atau foto. Temuan penelitian harus berkaitan dengan masalah penelitian dan merupakan dasar untuk mengambil simpulan dan membuat saran.

Simpulan dan Saran
Simpulan disusun berdasarkan temuan dan sesuai dengan masalah. Simpulan merupakan jawaban singkat atas masalah penelitian. Saran disusun berdasarkan simpulan dan sebaiknya mengacu kepada tindakan praktis atau pengembangan penelitian lanjutan sebagai refleksi dari kegiatan pembelajaran untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Daftar Pustaka
Bagian ini berisikan semua sumber pustaka yang digunakan dan diacu dalam badan artikel. Daftar pustaka ditulis sesuai dengan format yang tercantum dalam Bab II bagian A butir 15, dan diurutkan secara alfabetis nama pengarangnya.

BAB VI
PENUTUP

Buku pedoman ini disusun dengan harapan dapat membantu calon peneliti dan peneliti dalam menyusun usulan, merencanakan, melaksanakan dan melaporkan hasil PPKP dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat diperoleh manfaat yang optimal, khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di LPTK.
Buku pedoman ini juga diharapkan dapat disebarluaskan kepada semua pihak yang berkepentingan dengan peningkatan kualitas pembelajaran di LPTK.


Lampiran 1: Format Sampul Usulan Penelitian

CONTOH SAMPUL USULAN PPKP

SAMPUL
WARNA KUNING

Logo
Perguruan Tinggi


USULAN
PENELITIAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN
(PPKP)







JUDUL PENELITIAN






Oleh:

……………………………………….. *)








PROGRAM STUDI
JURUSAN
FAKULTAS
UNIVERSITAS/INSTITUT
Bulan, Tahun


*) Tulislah semua nama pengusul lengkap dengan gelar akademik

Lampiran 2: Format Halaman Pengesahan Usulan Penelitian

HALAMAN PENGESAHAN
USULAN PENELITIAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN
(PPKP)

1. Judul Penelitian ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. a. Bidang Ilmu
b. Bidang Kajian ............................................................................
..........................................................................
3. Ketua Peneliti
a. Nama lengkap dan Gelar
b. Pangkat, Golongan, NIP / NIK
c. Mata Kuliah yang diteliti
d. Mata Kuliah yang diampu
e. Fakultas/Jurusan
f. Institut/Universitas
g. Alamat (Surat)
h. Nomor Telepon/HP
i. E-mail
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………
4. Nama anggota peneliti 1. …………………………………..................
2. …………………………………..................
5. Lama Penelitian …. Bulan mulai persiapan bulan ……… penyerahan laporan akhir bulan ………..
6. Biaya yang diperlukan
a. Sumber dari Ditjen Dikti
b. Sumber lain, sebutkan
……………………………….
……………………………….


Jumlah
Rp. ………………………………………………

Rp. ……………………………………………..
Rp. …………………………………………….
------------------------------------------------------
Rp. …………………………………………….
( ………………………………………………….

….. ………., …………….……………….
Mengetahui, Ketua Peneliti
Dekan Fakultas ……………………..

Cap dan tanda tangan Tanda tangan
( ………….........……………………..) (……………………………….. )
NIP/NIK ………...........…........... NIP/NIK ………………………..

Menyetujui
Ketua Lembaga Penelitian

Cap dan Tanda tangan
(……………………………...……..)
NIP/NIK…………………………..

Lampiran 3: Format Surat Keterangan Ketua Lembaga Penelitian
Kop Lemlit
___________________________________________________________

SURAT KETERANGAN KETUA
LEMBAGA PENELITIAN

Dengan ini, saya sebagai Ketua Lembaga Penelitian Universitas/Institut ......................................... menerangkan bahwa:

Nama : ...................................................
Dosen Jurusan/Prodi : ...................................................
Fakultas : ...................................................

saat ini memiliki kegiatan penelitian sebagai berikut.
No Judul Penelitian Status Keanggotaan Status Penelitian Sumber Dana
Mulai Berakhir





dan sedang mengusulkan penelitian sebagai berikut.
No Judul Penelitian Status Keanggotaan Rencana Penelitian Sumber Dana
Mulai Berakhir





Surat Keterangan ini dibuat sebagai kelengkapan pengajuan usulan Penelitian untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PPKP) tahun 200...
..................., .................................
Ketua Lembaga Penelitian
.....................................................
(tanda tangan dan stempel)

...................................................
NIP./NIK. ....................................

Lampiran 4: Format Surat Keterangan Dekan

Kop Fakultas
___________________________________________________________

SURAT KETERANGAN DEKAN


Dengan ini, saya sebagai Dekan Fakultas ........................ Universitas ......................................... menerangkan bahwa:

1. Nama : ....................................................
Dosen Jurusan/Prodi : ....................................................

2. Nama : ....................................................
Dosen Jurusan/Prodi : ....................................................

saat ini tidak sedang melanjutkan studi.

Surat Keterangan ini dibuat sebagai kelengkapan pengajuan usulan Penelitian untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PPKP) tahun 200...
..................., ..............................
Dekan Fakultas .........................
...................................................

(tanda tangan dan stempel)



...................................................
NIP./NIK. .................................



Lampiran 5: Format Berita Acara Seleksi Institusional Usulan Penelitian

BERITA ACARA
SELEKSI/REVIU INSTITUSIONAL USULAN PPKP


Pada tanggal ........................... s.d ........................ di Lembaga Penelitian Universitas/Institut ........................................................................... telah dilaksanakan seleksi/reviu usulan PPKP sebanyak ................... usulan. Seleksi/reviu menghasilkan usulan-usulan yang layak untuk diikutkan dalam seleksi tingkat nasional sebanyak ............. usulan. Adapun nama ketua peneliti dan judul usulan yang layak diikutkan dalam seleksi tingkat nasional adalah sebagai berikut.

No Nama Ketua Peneliti Fak/Jurusan Judul Skor
1
2
dst


............., ........................... 200...
Ketua Lembaga Penelitian,

(Tanda tangan, cap)

....................................................
NIP./NIK. ..................................




Lampiran 6a: Format Evaluasi Administratif Pengusulan


LEMBAR EVALUASI ADMINISTRATIF PENGUSULAN
PENELITIAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN (PPKP)

1. Perguruan Tinggi : .............................................................
2. Alamat Perguruan Tinggi : .............................................................

KRITERIA PENILAIAN

NO KOMPONEN KRITERIA YA TIDAK CATATAN
1. Ketepatan Waktu Penerimaan Usulan Waktu penerimaan usulan tidak melebihi dari waktu yang ditentukan
2. Jumlah Usulan Jumlah usulan penelitian tidak melebihi kuota yang ditetapkan.
3. Kelengkapan Pengusulan • Surat pengantar Kalemlit sesuai dengan format yang ditentukan (Lampiran 13)
• Lampiran Berita Acara Seleksi Institusional dan bukti fisik usulan.

Pemeriksa,

.......................................

Lampiran 6b: Format Evaluasi Administratif Usulan Penelitian.


LEMBAR EVALUASI ADMINISTRATIF USULAN
PENELITIAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN


JUDUL : ...................................................................................
......................................................................................................................................................................

PENGUSUL
A. Nama Peneliti : .............................................................
B. Perguruan Tinggi : .............................................................
C. Anggota Peneliti : 1. .........................................................
2. .........................................................
3. .........................................................
D. Waktu Penelitian : bln ............................ s.d. bln ....................................
E. Jumlah Biaya yang diusulkan : Rp. .................................
Honor Ketua dan Anggota Peneliti : Rp. .................................

NO KOMPONEN KRITERIA YA TIDAK KET.
1. Jumlah Eksemplar Setiap usulan terdiri atas 2 eksemplar
2. Perwajahan • Warna sampul kuning
• Ukuran kertas A4
• Huruf Times New Roman ukuran 12
• Spasi 1,5
3. Halaman Pengesahan • Sesuai format dalam panduan
• Ditandatangani ketua peneliti
• Ditandatangani Dekan Fakultas
• Ditandatangani Ketua Lembaga Penelitian
• Ada stempel Fakultas
• Ada stempel Lembaga Penelitian
4. Jumlah Peneliti Jumlah Peneliti minimal 2 orang, terdiri dari ketua dan anggota
5. Bidang Ilmu dan Kajian • Bidang ilmu tertulis jelas dan sesuai dengan mata kuliah yang diteliti
• Bidang kajian tertulis jelas
6. Dana Penelitian • Biaya tidak melebihi batas yang ditentukan
• Honorarium peneliti maksimal 30%
• Biaya lain-lain maksimal 10%
• Biaya manajemen maksimal 10%
7 Kelengkapan Lampiran • Curriculum Vitae Ketua dan Anggota Peneliti
• Surat Keterangan Dekan
• Surat Keterangan Ketua Lembaga Penelitian
• Kalender Akademik
• Struktur kurikulum
• Silabus mata kuliah yang diteliti

Tanggal ...............,.............
Pemeriksa,


.......................................


Lampiran 7: Format Evaluasi Akademik Usulan Penelitian

LEMBAR SELEKSI AKADEMIK USULAN
PENELITIAN UNTUK PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN

NOMOR REGISTRASI PROPOSAL : ............................................................

JUDUL : ..................................................................................................
....................................................................................................
....................................................................................................
....................................................................................................
....................................................................................................

PENGUSUL
a. Ketua Peneliti : ...................................................................................
b. Perguruan Tinggi : ...........................................................................
c. NIP : ...........................................................................
d. Anggota Peneliti : 1. …………………………………………............
2. …………………………….……………...........
3. …………………………………………............
e. Jenis penelitian*) :
a. Kuasi eksperimen
b. Penelitian tindakan kelas
c. Penelitian pengembangan
1) metode mengajar/pendekatan/model pembelajaran
2) modul ajar/bahan ajar/modul praktikum
3) media pembelajaran/alat peraga
4) instrumen evaluasi/assesmen
5) ……………………………………………………..

KRITERIA PENILAIAN

No Komponen Kriteria Bobot Skor Bobot X Skor
1 Judul Penelitian • Maksimal 15 kata
• Menggambarkan masalah yang akan diteliti
• Menggambarkan apa yang akan dilakukan 5
2 Latar Belakang • Masalah nyata dalam pembelajaran diperkuat data yang relevan
• Penyebab munculnya masalah
• Alternatif pemecahan relevan masalah 20
3 Rumusan Masalah • Spesifik dan operasional
• Dilengkapi dengan definisi operasional, asumsi dan lingkup penelitian (batasan masalah) 10
4 Tujuan dan Manfaat • Mendasar pada permasalahan
• Tampak manfaatnya bagi dosen, mahasiswa dan program studi 10
5 Kajian Pustaka • Relevan dengan tindakan yang akan dilakukan dalam memecahkan masalah
• Berkaitan dengan substansi mata kuliah yang diteliti ada kerangka pikir dan kejelasannya 15
6 Metodologi • Menggambarkan tindakan penyelesaian yang relevan dengan masalah
• Teknik pengambilan dan analisis data serta instrumen yang digunakan jelas dan relevan dengan masalah
• Uraian tersusun sistematis dan jelas
• Ada target indikator keberhasilan 30
7 Lain-lain • Jadwal penelitian jelas menggambarkan waktu pelaksanaan (Semester gasal atau genap, bukan semester pendek)
• Daftar pustaka relevan dan penulisannya sesuai dengan ketentuan. 10
Jumlah 100
Catatan : Kolom nilai diisi dengan nilai 1, 2, 4, 5 untuk masing-masing kriteria
Keterangan nilai: 1 Buruk (mati); 2 Kurang; 4 Baik ; 5 Baik Sekali
*) pilih salah satu yang sesuai

Hasil penilaian: Direkomendasikan / Tidak direkomendasikan**)
Alasan tidak direkomendasikan: ………………………………………………………………….…..………….…………………………………………………………………………………………………….……………..…………………………………………………........

Catatan penting (khusus untuk yang direkomendasikan):
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

……………,….............…….. 200..
Penilai,


………………...............………..


Lampiran 8: Format Sampul Laporan Penelitian




Logo
Perguruan Tinggi



LAPORAN
PENELITIAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN
(PPKP)



JUDUL PENELITIAN




Oleh:
. ……………………………………………..
. ……………………………………………..
. ……………………………………………..


dibiayai oleh:

Direktorat Ketenagaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan Nasional
Dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian
Nomor..……………. tanggal ………………….

PROGRAM STUDI.....................................
JURUSAN....................................................
FAKULTAS ................................................
UNIVERSITAS/INSTITUT.........................
Bulan, Tahun

Lampiran 9: Format Halaman Pengesahan Laporan Penelitian

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN
(PPKP)

1. Judul Penelitian …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. a. Ketua Peneliti
b. Nama lengkap dan Gelar
c. NIP / NIK
d. Mata Kuliah yang diteliti
e. Mata Kuliah yang diampu
f. Fakultas/Jurusan
g. Institut/Universitas
h. Alamat (Surat)
i. Nomor Telepon/HP
j. E-mail
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………
3. Nama anggota peneliti 1. …………………………………..................
2. …………………………………..................
3. ......................................................................
4. Lama Penelitian …. Bulan mulai persiapan bulan ……… penyerahan laporan akhir bulan ………..
5. Biaya yang diperlukan
a. Sumber dari Ditjen Dikti
b. Sumber lain, sebutkan
……………………………….
……………………………….


Jumlah
Rp. ………………………………………………

Rp. ……………………………………………..
Rp. ………………………………………………….
------------------------------------------------------
Rp. …………………………………………….
( ………………………………………………….

…..……., …………….………………..……
Mengetahui, Ketua Peneliti
Dekan Fakultas ……………………..

Cap dan tanda tangan Tanda tangan
………….........…………………….. ………………………………...............
NIP/NIK ………...........…........... NIP/NIK ………………………..

Menyetujui
Ketua Lembaga Penelitian

Cap dan Tanda tangan
(……………………………...……..)
NIP/NIK…………………………..

Lampiran 10: Format Curriculum Vitae

CURRICULUM VITAE

1. Nama Lengkap dan Gelar : ...................................................
2. NIP/NIK : ...................................................
3. Tempat dan Tanggal Lahir : ...................................................
4. Jenis Kelamin : ..................................................
5. Pangkat, Golongan : ...................................................
6. Jabatan : ..................................................
7. Alamat kantor : ...................................................
...................................................
Nomor telepon/Fax : ...................................................
Alamat Email : ...................................................
8. Alamat rumah : ...................................................
Nomor telepon/Hp : ...................................................
9. Riwayat Pendidikan :
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................

10. Pengalaman Penelitian yang Relevan:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................

11. Mata kuliah yang diampu dalam dua tahun terakhir
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................


.................., ...........................



...............................................
NIP./NIK. .............................


Lampiran 11: Contoh Berita Acara Serah Terima Laporan Penelitian

BERITA ACARA SERAH TERIMA
LAPORAN HASIL PELAKSANAAN
PENELITIAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN


Pada Hari ini …….…. Tanggal ……….. Bulan ……. Tahun Dua ribu tujuh, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

1. Prof. Sukamto, M.Sc.,Ph.D : Direktur Ketenagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang berkedudukan di Jakarta, dalam hal ini bertindak selaku Pembuat Komitmen di lingkungan Ditjen Pendidikan Tinggi, Departemen Depdiknas, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor : ...................... .......................; selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

2. ................................................: Sebagai Ketua Lembaga Penelitian ...... ........................... (nama LPTK) yang berkedudukan di ............ (nama kota) dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Perguruan Tinggi tersebut, selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.



Menerangkan bahwa :
1. Berdasarkan Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Nomor : ………Tanggal …………… PIHAK KEDUA telah menyerahkan Laporan Akhir Hasil Pelaksanaan Penelitian Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran sebanyak ……. judul sesuai dengan format laporan kemajuan yang telah ditentukan kepada PIHAK PERTAMA, dan PIHAK PERTAMA telah menerima serta menyetujui laporan tersebut dengan Ketua Peneliti sebagaimana tertera dalam lampiran surat perjanjian yang bersangkutan;

2. Sesuai dengan Pasal 2 ayat b dalam Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada butir 1 diatas maka PIHAK KEDUA berhak menerima Pembayaran Tahap Kedua sebesar 30% dari Dana Hibah (30% x Rp. ….),- yaitu sebesar Rp. ………. (…)

3. Berita Acara ini dibuat rangkap 6 (enam) untuk dipergunakan sesuai dengan keperluan.


PIHAK KEDUA PIHAK PERTAMA

Ketua Direktur Ketenagaan
Lembaga Penelitian Ditjen Dikti
........................... (nama LPTK)




...................................... Prof. Sukamto, M.Sc, Ph.D
NIP./NIK ...................... NIP. 130 367 414


Lampiran 12. Format Surat Pengantar Usulan PPKP dan PTK

Kop
Lembaga Penelitian
No. : ............................... Tanggal ...................
Lampiran : ...............................
Perihal : ...............................

Kepada :
Ketenagaan
Ditjen Dikti
Wisma Aldiron
Jl. Gatot Subroto Kav. 72
Jakarta – 12780

Bersama ini kami sampaikan Usulan Penelitian untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PPKP) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) hasil seleksi/reviu institusional sebanyak ..... judul (terlampir).

Sebagai kelengkapan dari surat pengantar ini kami sampaikan pula:

1. Alamat dan No. Rekening Bank dari Lembaga Penelitian, sebagai berikut:
Alamat Lembaga Penelitian : .............................................................
Nomor Telepon : ..............................................................
E-mail : ..............................................................
Nama Pemegang Rekening : Lembaga Penelitian .............................
Nomor Rekening : ………………………………………..
Nama Bank : ………………………………………..
Alamat Bank : ………………………………………..
NPWP : ………………………………………..

2. Berita Acara Seleksi/Reviu Institusional Usulan PPKP/PTK (terlampir)

Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
. .................., .................................
Ketua Lembaga Penelitian
.....................................................
(tanda tangan dan stempel)


........................................................
NIP./NIK. ........................................

Tim Penyusun Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan
Penelitian Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PPKP) di LPTK



Penanggungjawab : Prof. Sukamto, M.Sc., Ph.D.
Direktur Ketenagaan
Ditjen Dikti

Ketua : Drs. Benny Karyadi, MA.
Universitas Pendidikan Indonesia

Anggota : 1. Dr. Adi Rahmat, M.Si.
Universitas Pendidikan Indonesia
2. Prof. Drs. Soenarto, M.Sc.,MA., Ph.D.
Universitas Negeri Yogyakarta
3. Prof. Dr. Nurfina Aznam, Apt.
Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
4. Prof. Dr. Kasihani K. Suyanto
Universitas Negeri Malang
5. Prof. Dr. Soli Abimanyu
Universitas Negeri Makasar
6. Prof. Dr. Suryanto
Universitas Negeri Yogyakarta
7. Drs. Abdurrahim Idris
Ditjen Dikti
8. Mulyono, S.H, M.M.
Ditjen Dikti
9. Suryadi Adji Busri, SE.,MM.
Ditjen Dikti

Staf Administrasi : Juniarti D. Lestari, S.Sos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar